Sumber Sejarah Kerajaan Cirebon

- Maret 05, 2020
Sejarah suatu kerajaan akan dapat direkonstruksi apabila sumber-sumber yang dijadikan acuan dalam merkonstuksinya memadai. Oleh karena itu sumber sejarah dalam penulisan sejarah amat begitu penting. Begitupun dengan sumber sejarah kerajaan Cirebon, kedudukannya sangat penting sebab untuk merekonstruksi sejarah kerajaan Cirebon itu sendiri. Kerajaan Cirebon adalah kerajaan Islam tertua di Jawa yang tinggalan sejarahnya masih terbilang lengkap, mulai dari Istana, Masjid, Pusaka, Naskah hingga komplek makam raja-rajanya masih dapat disaksikan hingga kini. Sehingga sumber sejarah untuk merekonstruksi sejarah Cirebon terbilang sangat melimpah.

Sumber sejarah Cirebon yang umumnya dijadikan sebagai rujukan para sejarawan adalah tinggalan arkeologis berupa Istana, Masjid, makam dan bangunan-bangunan lain yang masih dapat dijumpai hingga kini, sumber sejarah kerajaan Cirebon selain itu adalah naskah-naskah klasik baik yang dibuat oleh para pejabat kerajaan Cirebon, masyarakat maupun naskah yang berasal dari catatan penjajah Belanda, dan naskah-naskah kerajaan lain yang dahulu pernah bersinggungan dengan kerajaan Cirebon.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Cirebon Yang Masih Terawat

Sumber sejarah kerajaan Cirebon berupa tinggalan arkeologis diantaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Keraton Keprabonan, Petilasan Pangeran Cakrabuana, Pemakaman Gunung Jati dan Gunung Sembung, Komplek Pemakaman Buyut Trusmi, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid Panjunan, Masjid Keraton Kanoman dan masih banyak yang lainnya.

Sumber sejarah kerajaan Cirebon berupa naskah diantaranya, naskah Carita Purwaka Caruban nagari, Naskah wangsakerta, Naskah Mertasinga, Naskah Tangkil, Naskah Sejarah Kunjit, Naskah Carios Walangsungsang, naskah perjanjian VOC-Cirebon dan masih banyak puluhan bahkan ratusan naskah lainnya.

Sumber sejarah Kerajaan Cirebon lain juga diantaranya, meriam, baju besi dan bedil peninggalan rampasan perang Portugis, pusaka raja-raja dan pembesar Cirebon seperti Keris, Kujang, baju, alat-alat perlengkapan kerajaan seperti kereta kencana dan masih banyak yang lainnya.

Sumber-sumber sejarah Kerajaan Cirebon yang telah disebutkan di atas dijadikan referensi oleh para sejarawan untuk merekonstruksi sejarah Cirebon, sehingga dari sumber-sumber sejarah yang melimpah itu melahirkan banyak versi sejarah kerajaan Cirebon, tergantung bagaimana sudut pandang sejarawan dalam menuliskannya.

Baca Juga: Kerajaan Cirebon Masa Pendirian, Kejayaan dan Keruntuhannya

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search