Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Ratu Kalinyamat

Sifat Ratu Kalinyamat, Ratu Kerajaan Jepara ini dapat dilihat dari perjalanan hidupnya yang ditorehkan dalam berbagai buku sejarah. Dari sejarah perjalan hidupnya dapat disimpulkan bahwa sifat yang menonjol dari Ratu Kalinyamat adalah cinta tanah air, patriotik dan solideritas yang tinggi, setia, tabah dan gigih dalam berjuang.

Sifat cinta tanah air, Ratu Kalinyamat  dapat dibuktikan dari keberhasilannya  mengantarkan Jepara kepada puncak kejayaan, bagi orang yang tidak memiliki sifat cinta pada tanah air, tentu tidak akan demikian.

Sifat patriotik dan solidaritas, ratu Kalinyamat tergambar dari keberaniannya menyerang Portugis di Malaka, dan kerjasamanya denga Raja Johor dan Aceh. Bentuk seperti ini jelas bentuk kerja sama yang patriotik dan solidaritas yang di milikinya.
Sifat setia Ratu Kalinyamat dibuktikan dari peristiwa kematian suaminya. Meskipun menjanda dan tidak dikaruniai anak, ia tetap setia pada suaminya yang telah mangkat, terbukti dari dibangunnya Masjid Indah Mantingan di sisi pusara  suaminya.

Sifat tabah Ratu Kalinyamat dibuktikan dengan ketabahan hatinya dalam menghadapi berbagai musibah, dengan kematian saudara dan suaminya dia dengan tabah menghadapi masalah yang tengah di hadapi meskipun dalam waktu yang sama dia mendapat ancaman dari Ario Penangsang, namun akhirnya dapat teratasi.

Sifat gigih dalam berjuang, khususnya dalam memperoleh kekayaan dibuktikan oleh Ratu Kalinyamat ketika menjadi penguasa di Jepara. Ratu kalinyamat terkenal dengan Ratu yang kaya raya dan berkuasa, hartanya diperoleh lewat perdagangan Internasional yang dilakukannya terutama dengan Malaka yang merupakan pasar utama bagi beras yang dihasilkan dari wilayah Jepara.

Demikianlah sifat-sifat yang dimiliki Ratu Kalinyamat, Ratu terbesar dalam sejarah Jepara bahkan juga dalam sejarah Nusantara, kiprahnya begitu tinggi bagi kemajuan dan kemakmuran rakyat Jepara bahkan solideritasnya pada kerajaan sahabat begitu tinggi.

Baca Juga: Tapa Wuda Ratu Kalinyamat dan Terbunuhnya Arya Penangsang

Posting Komentar untuk "Sifat Ratu Kalinyamat "