Silsilah Syekh Nurjati/Datuk Kahfi

Syekh Nurjati/Datuk Kahfi
Syekh Nurjati atau juga disebut Datuk Kafi adalah ulama asal Malaka yang medakwahkan Islam di Cirebon. Nama Syekh Nurjati ia peroleh pada saat berdakwah di Gunung Jati Cirebon. Selain itu ada banyak nama yang dimiliki ulama ini, yaitu Syekh Idhofi, Syekh Datuk Barul, Syekh Datuk Iman, Syekh Dulyamin dan Maulana Idhofi Mahdi.

Sebelum mendakwahkan ajaran Islam di Cirebon, masa remajanaya dihabiskah di Mekah untuk menuntut ilmu, disana juga ia melaksanakan berhaji, setelah dari Mekkah ia pergi ke Baghdad untuk berguru, di Bagdad ia berjodoh dengan Syarifah Halimah. Setelah puas di timur tengah barulah pulang ke kampung halamannya Malaka sebelum akhirnya memutuskan untuk mendakwahkan Islam di tanah Sunda. Beliau membuka tempat dakwahnya di Pasambangan, pada saat itu Pasambangan adalah bagian dari Nagari Singapura (sekarang Desa Mertasinga, Kabupaten Cirebon). Beliau wafat dimakamkan di Gunung Jati.

Ditinjau dari silsilahnya,  Syekh Nurjati adalah putra dari Syekh Datuk Ahmad, Syekh Datuk Ahmad adalah ulama besar di Malaka. Ayahnya adalah Putra dari Maulana Isa, Maulana Isa juga adalah tokoh berpengaruh di kampung halamanya.

Syekh Datuk Ahmad mempunyai adik yang bernama Datuk Sholeh, Datuk Sholeh adalah ayahanda dari Syekh Siti Jenar (Abjul Jalil). Dengan demikian antara Syekh Nurjati dan Syekh Siti Jenar masih saudara. Syekh Nurjati memiliki dua orang adik. Pertama, Syekh Bayanullah yang kelak mengikuti jejak kakaknya berdakwah di Cirebon. Kedua, seorang wanita yang menikah dengan raja Upih Malaka. Hasil dari perkawinan tersebut lahir seorang putri yang kemudian menikah dengan Dipati Unus dari demak.

Silsilah Syekh Nurjati/ Datuk Kahfi yang bersambung dengan Sayyid Alawi bin Muhammad Sohib Mirbath hingga Ahmad al- Muhajir bin Isa ar-Rumi (Hadramaut, Yaman) dan seterusnya hingga Imam Husain, Cucu Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah uraiannya:
Nabi Muhammad SAW berputri :
  1. Sayidah Fatimah Az-Zahra menikah dengan Imam Ali bin Abi Thalib, Berputra
  2. Imam Husain a.s, berputera
  3. Imam Ali Zaenal Abidin, berputera
  4. Muhammad al-Baqir, berputera
  5. Imam Ja’far ash-Shadiq, berputera
  6. Ali al-Uraidhi, berputera
  7. Muhammad al-Naqib, berputera
  8. Isa al-Rumi, berputera
  9. Ahmad al-Muhajir, berputera
  10. Ubaidillah, berputera
  11. Alawi, Berputera
  12. Ali Khali Qosam, berputera
  13. Muhamad Shahib Mirbath, berputera
  14. Sayid Alwi, berputera 
  15. Sayid Abdul Malik, berputera
  16. Sayid Amir Abdullah Khan (Azamat Khan), berputera
  17. Sayid Abdul Kadir, berputera
  18. Maulana Isa, berputera
  19. Syekh Datuk Ahmad, berputera
  20. Syekh Datuk Khafi/Syekh Nurjati
Sebelum mendakwahkan agama di tanah Cirebon, Syekh Nurjati atau Syekh Datuk Khafi menikah dengan Syarifah Halimah, Syarifah Halimah adalah putri dari Ali Nurul Alim. Ali Nurul Alim adalah putra dari Jamaludin al Husain dari Campa, yang merupakan putra dari Ahmad Shah Jalaludin, Ahmad Shah Jalaludin adalah putra dari Amir Abdullah Khanudin, di Baghdad Syekh Nurjati hidup dan berumah tangga dan dikarunia empat orang putra dan putri. Kemudian syekh Nurjati di utus oleh Raja Baghdad untuk berdakwah di tanah Jawa dan mengikuti apa kata hatinya.

Baca Juga: Riwayat Syekh Nurjati Sang Maha Guru

Belum ada Komentar untuk "Silsilah Syekh Nurjati/Datuk Kahfi"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel