Keturunan Prabu Siliwangi yang Terkemuka

Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja adalah Raja Pajajaran yang memiliki banyak Istri, salah satu sumber sejarah tradisional menyebutkan Prabu Siliwangi memiliki 151 orang Istri, seluruh Istrinya tersebut semuanya putri para pembesar dari daerah wilayah kekuasannya meskipun begitu ada juga beberapa putri dari kerajaan tetangga.

Keturunan Prabu Siliwangi dari istri-istrinya tentu sangat banyak apalagi ditambah keturunan dari anak dan cucunya, meskipun demikian hanya beberapa saja keturunan Prabu Siliwangi yang terkemuka. Diantara keturunan Prabu Siliwangi yang terkemuka adalah sebagai berikut:

1. Pangeran Walangsungsang

Pangeran Walangsungsang atau juga di sebut Pangeran Cakrabuana adalah anak pertama Prabu Siliwangi yang lahir dari Subang Larang. Tokoh ini begitu terkemuka karena berhasil mendirikan Kesultanan Cirebon, beliau juga merupakan penguasa di daerah kekuasaan Pajajaran yang pertama-tama memeluk agama Islam.

Baca Juga: Perjalanan Hidup Pangeran Walangsungsang

2. Dewi Rara Santang

Dewi Rara Santang adalah anak Prabu Siliwangi dengan Subang Larang, juga merupakan adik dari Pangeran Walangsungsang. Tidak berbeda dengan kakaknya, Rara Santang juga memeluk agama Islam, tokoh ini begitu terkemuka karena menikah dengan Syarif Hud seorang penguasa Mesir yang masih keturunan Nabi Muhamad. Tokoh ini juga melahirkan anak yang kemudian menjadi Sultan Cirebon I.

Baca Juga: Biografi Dewi Rara Santang, Ibunda Sunan Gunung Jati

3. Raden Kiansantang

Raden Kiansantang adalah anak Prabu Siliwangi dengan Subang Larang, merupakan adik dari Rara Santang dan Walangungsangt, tokoh ini menjadi terekanal karena dianggap sebagai penyebar Islam di wilayah inti kekuasaan Pajajaran.

Baca Juga: Raden Kian Santng, Putra Prabu Siliwangi

4. Permadi Puti atau Dipati Cangkuang

Permadi Puti atau Dipati Cangkuang adalah anak Prabu Siliwangi dengan Istri yang tak disebutkan namanya, meskipun begitu tokoh ini terbilang terkemuka karena beliau merupakan Raja di Cangkuang, selain itu Permadi Puti juga mempunyai putra yang kelak menjadi  Pucuk Umun Banten Girang, selain itu Permadi Puti juga memiliki anak perempuan yang diberi nama Nyimas Kawunganten, tokoh ini dikemudian hari menikah dengan Sunan Gunung Jati.

Baca Juga: Kisah Dipati Cangkuang, Raja dari Garut

5. Prabu Surawisesa

Prabu Surawisesa adalah anak Prabu Siliwangi dengan istrinya Ratu Mayang Sunda, tokoh ini menjadi salah satu tokoh terkemuka karena menjadi Raja Pajajaran kedua pengganti ayahnya Prabu Siliwangi. Tokoh ini juga disebut-sebuat dalam banyak naskah termasuk dalam piagam perjanjian Sunda dan Pajajaran.

Baca Juga: Surawisesa Raja Pajajaran Kedua

6. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah keturunan Prabu Siliwangi dari anaknya Dewi Rara Santang. Tokoh ini merupakan tokoh yang paling terkemuka diantara keturunan Prabu Siliwangi, pengaruhnya sangat besar bagi proses Islamisasi Pasundan, beliau juga dikenal sebagai Sultan Cirebon pertama.

7. Pucuk Umun Banten Girang

Pucuk Umun Banten Girang adalah Keturunan Prabu Siliwangi dari anak laki-lakinya Permadi Puti, tokoh ini menjadi terkenal karena disebutkan dalam lembaran sejarah mengenai peralihan kekuasaan dari Banten yang bercorak Hindu-Budha menjadi Islam. Beliau merupakan penguasa Banten terakhir dibawah kekuasaan Pajajaran.

8. Nyimas Kawunganten

Nyimas Kawunganten adalah keturunan Prabu Siliwangi dari anaknya Permadi Puti, tokoh ini dikemudian hari dipersitri oleh Sunan Gunung Jati yang dikemudian hari menjadi Sultan Cirebon. Nyimas Kawunganten juga nantinya melahirkan keturunan yang kelak menjadi Sultan Banten pertama.

9. Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin atau Pangeran Sabakingkin adalah keturunan Sunan Gunung Jati dari cucunya Sunan Gunung Jati dan Nyimas Kawunganten. Beliau merupakan Sultan Banten pertama yang makamnya dapat ditemui hingga kini di komplek pemakan Sultan-Sultan Banten. 

Belum ada Komentar untuk "Keturunan Prabu Siliwangi yang Terkemuka"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel