Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara dan Negeri Taklukan Majapahit Menurut Negarakertagama

Ada beberapa negeri dan negara yang disebut telah ditaklukan Majapahit. Negeri-negeri tersebut takluk ketika Majapahit diprintah oleh Prabu Hayam Wuruk beserta Mahapatihnya Gajah Mada. 

Kabar mengenai negeri dan negara taklukan Majapahit tersebut tertulis dalam Kakawin Negarakertagama, naskah lontar kuno yang ditulis sezaman dengan peristiwa. Selain negeri-negeri taklukan dalam naskah tersebut juga disebutkan beberapa negeri yang dianggap sahabat. Info mengenai keduanya dikisahkan dalam pupuh 13 hingga 15. Berikut terjamahnya:

Pupuh 13

Terperinci pulau Negara bawahan, paling dulu Melayu, Jambi, Palembang, Toba dan Darmasraya pun ikut juga disebut Daerah Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar dan Pane.

Lwas dengan Samudra serta Lamuri, Batan, Lampung dan juga Barus. Itulah terutama Negara-negara melayu yang telah tunduk. Negara-negara di Pulau Tanjungnegara; Kapuas-Katingan, Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, Lawai ikut tersebut.

Pupuh 14

Kandandangan, Landa, Samadang dan Tirem tak terlupakan. Sedu, Barune (ng), Kalka, Saludung, Solor dan juga Pasir. Barito, Sawaku, Tabalung, ikut juga Tanjung Kutei. Malano tetap yang terpenting di pulau Tanjungpura.

Di Hujung Medini Pahang yang disebut paling dahulu. Berikut Langkasuka, Saimwang, Kelantan, serta Trengganu Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik, Kelang serta Kedah. Jerai, Kanjapiniran, semua sudah lama terhimpun.

Disebelah timur Jawa, seperti yang berikut: Bali dengan Negara yang penting Badahulu dan Lo Gajah. Gurun serta Sukun, Taliwang, Pulau Sapi, dan Dompo. Sang Hyang Api, Bima, Seran, Hutan Kendali sekaligus.

Pulau Gurun, yang juga biasa disebut Lombok Merah. Dengan daerah makmur Sasak diperintah seluruhnya. Bantalayan di wilayah Bantayan beserta Kota Luwuk. Sampai Udamaktraya dan pulau lain-lainnya tunduk. Tersebut pula pulau-pulau Makasar, Buton, Bangawi Kunir, Galian, serta Salayar, Sumba, Solot, Muar. Lagi pula, Wanda (n), Ambon atau pulau Maluku, Wanin, Seran, Timor, dan beberapa lagi pulau-pulau lain.

Pupuh 15

Inilah nama Negara asing yang mempunyai hubungan. Siam dengan Ayudyapura, begitu pun Darmanagari Marutma, Rajapura, begitu juga Singanagari. Campa, Kamboja, dan Yawana ialah Negara sahabat.

Tentang pulau Madura, tidak dipandang Negara asing. Karena sejak dahulu dengan Jawa menjadi satu. Konon tahun Saka lautan menantang bumi, itu saat Jawa dan Madura terpisah meskipun tidak sangat jauh.

Semenjak Nusantara menadah perintah Sri Baginda. Tiap musim tertentu mempersembahkan pajak upeti. Terdorong keinginan akan menambah kebahagiaan. Pujangga dan pegawai diperintah menarik upeti.

Berdasarkan penjelasan isi Kakawin Negarakertagama di atas diketahui bahwa jangkauan kekuasaan Majapahit zaman Prabu Hayam Wuruk sangat luas, meliputi daerah Indonesia, Singapura, Brunai dan Malaysia. 

Berikut ini adalah gambaran peta kekuasaan Majapahit zaman Prabu Hayam Wuruk menurut Kakawin Negarakertagama. 

Posting Komentar untuk "Negara dan Negeri Taklukan Majapahit Menurut Negarakertagama"