Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Cirebon

Sebagai sebuah kota yang didalamnya terdapat masyarakat serta budayanya, Cirebon jelas memiliki ciri khasnya tersendiri. 

Diantara ciri khas Cirebon adalah ciri khas sikap masyarakatnya, budayanya, makananya dan ciri khas bangunan yang terdapat di dalamnya. 

Ciri khas masyarakat Cirebon adalah keras dan tak mau menglah, hal ini dikarenakan secara umum orang Cirebon sebagai orang pantai. Meskipun demikian ada juga orang Cirebon yang berciri khas ramah, terutama masyarakat yang mendiami pegunungan. 

Ciri khas Cirebon ditinjau dari budayanya sangat unik. Sebab Cirebon memiliki budaya yang dihasilkan dari perkawinan antara budaya Sunda dan budaya Jawa. Baik tata cara dalam berpakaian, berbicara dan lain sebagainya. 

Selain itu, dalam masalah kukiner, Cirebon juga memiliki ciri khas. Diantara makanan-makanan yang menjadi ciri khas Cirebon adalah, nasi lengko, nasi jamblang, empal gentong, tahu gejrot, nasi bogana, docang dan masih banyak yang lainnya. Rasa dan ciri khas masakan Cirebon secara umum adalah perpaduan rasa masakan Jawa yang manis dan Rasa masakan Sunda yang asin dan gurih. 
Ciri khas Cirebon pada bangunan asli karya nenek moyang adalah tergambar dari bangunan keraton, makam, masjid yang dibangun sejak berdirinya kesultanan Cirebon. 

Bentuk bangunannya unik, terbuat dari perpaduan bata merah, kayu dan kramik. Mengandung arsitektur Majapahit, Cina, Arab dan Eropa. Perpaduan macam itulah yang membuat bangunan bersejarah di Cirebon memiliki ciri khas yang lain daripada daerah lain di Pulau Jawa. 

1 komentar untuk "Ciri Khas Cirebon"

  1. saya org cirebon asli...ditantang sama org ponorogo .....apa kesimpulan ya .....apakah saya bisa melanin org ponorogo

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.