Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Keraton Kasepuhan Cirebon

Beberapa Keraton di Cirebon, salah satunya Keraton Kasepuhan Cirebon tentu mempunyai silsilah. Silsilah Keraton Kasepuhan tersebut mencakup silsilah Sultan pertamanya hingga silsilah berdirinya Kasepuhan.

Sultan Kasepuhan Cirebon pertama adalah Pangeran Mertawijaya, beliau merupakan anak Raja Kesultanan Cirebon terakhir, yaitu anak Pangeran Putra yang bergelar Panembahan Ratu II dan dikenal pula dengan julukan Panembahan Girilaya. 

Silsilah Sultan pertama yang bertahta di Keraton Kasepuhan bersambung dengan Sunan Gunung Jati, yang juga merupakan Raja Kasultanan Cirebon pertama. 

Timbulnya Keraton Kasepuhan 

Timbulnya Keraton Kasepuhan adalah sebagai akibat dari runtuhnya Kesultanan Cirebon yang sebabnya karena Kesultanan Cirebon dipecah menjadi 3 bagian, yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Panembahan Kacirebonan. 

Mengenai Kasepuhan, Keraton yang digunakan adalah Keraton bekas Kesultanan Cirebon yang lama, sehingga Keraton tersebut merupakan Keraton yang sudah dibangun sejak zaman Sunan Gunung Jati bahkan semenjak zaman Pangeran Walangsungsang. Keraton Kasepuhan juga dikenal dengan nama Keraton Pakungwati. 

1 komentar untuk "Silsilah Keraton Kasepuhan Cirebon"

  1. Apakah benar Sultan Kesepuhan Pertama punya Kakak yang Bernama Pangeran Kesuma Jaya

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.