4 Anak Syekh Nurjati dan Syarifah Halimah

Syekh Nurjati atau juga dikenal dengan nama Syekh Datuk Kahfi adalah Ulama yang mula-mula membangun Pesantren di Giri Amparan Jati, beliau juga merupakan guru Pangeran Cakrabuana pendiri Cirebon. 

Sebelum kedatanganya ke Cirebon, Syekh Nurjati dikisahkan menikah dengan Syarifah Halimah, putri dari Ali Nurul Alim Ibnu Imam Jalaludin Al Husein. Dari pernikahannya dengan Syarifah Halimah, Syekh Nurjati memperoleh 4 orang anak. Akan tetapi keempat anaknya tersebut pada mulanya tidak ikut ke Cirebon, mereka di asuh oleh Sultan Sulaiman Baghdadi yang tak lain merupakan uwak dari Syarifah Halimah. 

Keempat Anak Syekh Nurjati dan Syarifah Halimah adalah (1) Syarif Abdurahman (2) Syarifah Bagdad (4) Syarif Abudrahim, dan (4) Syarif Hafidz. Adapun urian singkat mengenai keempat anak Syekh Nurjati adalah sebagai berikut: 

Ilustrasi

Syarif Abdurahman 

Syarif Abdurahaman adalah tokoh yang oleh Pangeran Cakrabuana dijadikan sebagai penguasa di Panjunan, selain itu oleh Pangeran Cakrabuana Syarif Badurahman juga diangkat menjadi menantu, anak Pangeran Cakrabuana yang bernama Nyi Rasamala atau Nyi Rasamalasih.

Syarifah Bagdad

Syarifah Bagdad adalah tokoh yang nantinya menikah dengan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati), dari wanita ini, Sunan Gunung Jati memeperoleh dua orang keturunan, yaitu (1) Pangeran Jayakelana, dan (2) Pangeran Bratakelana. 

Syarif Abudrahim

Syarif Abdurahim adalah tokoh yang oleh Pangeran Cakrabuana diangkat menjadi Hakim/Jaksa di Kesultanan Cirebon, oleh karena itu Syarif Abdurahim juga dikenal dengan nama Pangeran Kejaksan, karena beliau merupakan seorang Pangeran yang bekerja/bertahta di Kejaksaan (Pengadilan). 

Syarif Hafidz

Mengenai tokoh Maulana Hafidz terbilang masih minim catatan, namun ada yang menduga jika Syarif Hafidz ini adalah tokoh yang kemudian dikenal juga dengan nama Ki Gedeng Jati, juga dijuluki Syekh Datuk Kahfi (dijuluki sebagaimana bapaknya), tokoh ini pula yang nantinya dinikahkan dengan Putri Pangeran Cakrabuana yang bernama Rara Jatimerta (Rara Sejati). Baca dalam : 10 Keturunan Pangeran Cakrabuana

Baca Juga: Riwayat Syekh Nurjati Sang Maha Guru

Belum ada Komentar untuk "4 Anak Syekh Nurjati dan Syarifah Halimah"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel