Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-Usul Muay Thai, Seni Beladiri Thailand

Tidak dapat dipungkiri, Muay Thai adalah salah satu seni Beladiri terkemuka di Dunia, sebab Muay Thai dipelajari dan bahkan diperlombakan secara internasional, peminatnyapun sangat banyak, baik orang Asli Thailand maupun orang asing. 

Asal-usul Muay Thai dalam sejarah dan legenda Thailand muncul sebagai akibat dari terjajahnya Thailand pada tahun 1767 oleh Kerajaan Burma. Sementara tokoh yang mempopulerkan bela diri ini adalah "Nai Khanom Thom", seorang petani yang berasal dari Desa Sing Buri Thailand.

Dikisahkan, bahwa pada 1763 Masehi, Raja Ung Wa naik takhta sebagai Raja Burma (Miyanmar). Raja ini dikenal sebagai Raja yang kuat dan ambisius. 

Patung Nay Khanom Thom

Tidak lama setelah diangkat menjadi Raja, Raja Ung Wa memutuskan untuk menaklukan Kerajaan-kerajaan yang dianggapnya sebagai musuh dan merintangi kebersaran Kerjaannya. Salah satunya adalah Kerajaan Ayatthuya (Thailand/Siam).

Dalam menjalankan misi penaklukan Thailand, Raja Ung Wa mengirimkan 200,000 bala tenteranya untuk menyerang Ayatthuya. Dengan bala tentara sebanyak itu, Kerajaan  Burma berhasil menghancurkan Ibu Kota Kerajaan Ayatthaya sehingga menyebabkan runtuhnya kerajaan Ayatthuya. 

Runtuhnya Ayatthuya secara total terjadi pada tahun 1767, pada masa ini, Thailand betul-betul berkedudukan sebagai negara jajahan, padahal sebelumnya Ayatthuya dikenal sebagai kerajaan yang gemar menjajah. 

Selepas memperoleh kemenangan pada 1767, Raja Ung Wa menggelar pesta kemenangan, dilaksanakan selama tujuh hari tujuh malam.

Salah satu acara yang digelar dalam pesta kemenangan adalah pertarungan sampai mati antara Para Pendekar Burma dan Tahanan Perang Ayatthuya. 

Aturannya adalah apabila Pendekar Burma yang menang, maka ia akan mendapatkan hadiah yang banyak dari Raja, sebaliknya apabila yang menang dari bekas tawanan perang Ayutthaya, maka ia akan dibebaskan dan juga akan mendapatkan hadiah berupa kekayan dan wanita dari Raja. 

Salah satu tahanan perang yang mengikuti perlombaan pertarungan sampai mati itu adalah "Nai Khanom Thom". 

Ketika terjun mengikuti  pertarungan, Thom membalut tangannya dengan kain, tujuannya agar gerakan Thom dalam memukul lawan menjadi mantap. 

Sebelum pertarungan benar-benar dimulai, Thom mempersembahkan tarian tradisional yang dinamai "Ram Muay" terlebih dahulu kepada khalayak ramai. 

Barulah selepas pertarungan dimulai, Thom secepat kilat langsung menyiku lawannya sehingga menyebabkannya tumbang seketika, namun belum juga diumumkan sebagai juara. Rakyat Burma yang menonton menganggap tarian yang dipersembahkan Thom adalah sihir, sehingga mereka memprotes agar pertarungan  diteruskan tanpa tarian. 

Mendapati kenyataan semacam itu, Thom dengan terpaksa kembali  bertarung  dengan Pendekar Burma yang lainnya, namun pertarungan tersebut juga pada akhirnya dapat menewaskan petarung Burma hanya dengan beberapa pukulan dan sikuan saja. 

Meskipun pertarungan terjadi secara berturut-turut selama 12 kali, Thom tetap saja mampu menewaskan seluruh pendekar  Burma, sehingga mau tidak mau rakyat dan Raja Burma mengakui kehebatan Thom. 

Atas kemenangan Thom, Raja Burma akhirnya memerdekakan Thom, memberinya hadiah berupa kekayaan dan wanita. 

Kemenangan Thome pada laga perlombaan pertarungan membuat orang-orang Thailand kala itu menjadi bangga, karena walaupun negerinya terjajah, Thom mampu mengangkat harkat dan martabat orang Thailand. 

Kelak teknik bela diri yang digunakan Thom dalam melawan para pendekar Burma itulah yang dikemudian hari dikenal dengan "Muay Thai". 

Hingga kini, sejarah mengenai kehebatan Nai Khanom Thom itu tercatat dalam buku sejarah wajib di sekolah-sekolah  yang ada di Thailand. 

Selain itu, pemerintah Thailand juga tanggal 17 Maret sebagai Hari Nasional Muay Thai, tanggal dimana Thome mengalahkan 12 pendekar Burma dengan seni bela diri Muay Thai.

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Muay Thai, Seni Beladiri Thailand"