Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Angklung Alat Musik dari Suku Sunda

Jenis-jenis Angklung yang ada hingga kini sangat banyak diantara dari jenis-jenis Angklung adalah Angklung Kanekes, Angklung Dogdog lojor, Angklung Badeng, Angklung Badud,Angklung Buncis, Angklung Bungko dan Angklung Gubrag.

Jenis Angklung Kanekes adalah jenis angklung buhun orang kanekes atau suku baduy, fungsi dari angklung disini digunakan sebagai alat seni pengiring ritual atau upacara terhadap Nyi Pohaci (Dewi Sri), biasanya masyarakat kanekes atau baduy, mempercayai bahwa dengan menggantung angklung dan kolecer di area pesawahan, kemudian tertiup angin akan menimbulkan bunyi-bunyian yang dapat menghibur Nyi Pohaci. Secara khusus musik angklung kanekes ini, digunakan pada acara ngaseuk atau mulai bertanam benih dan ngunjal.

Jenis Angklung Dogdog lojor adalah termasuk kedalam kategori angklung buhun. Angklung ini berkembang di daerah Ciptarasa Sukabumi. Angklung ini terdiri dari dua buah dogdog lojor dan empat buah angklung, angklung jenis ini biasanya digunakan dalam upacara atau ritual dalam konteks pertanian untuk menghormati Nyi Pohaci dalam upacara “seren taun”.

Angklung Badeng adalah jenis angklung yang berkembang di daerah Malangbong Garut, tepatnya di desa Sanding. Angklung ini biasanya dimainkan sebagai sebuah seni pertunjukan atau seni tontonan dan medium penerangan. Maksudnya yaitu secara fungsi sosial, angklung jenis ini lebih diperuntukan untuk misi agama (Islam) dan misi progam pemerintah. Misi – misi tersebut jelas terlihat dalam keseluruhan teks (nyanyian). Secara musikal seni angklung badeng ini dimainkan lebih ritmis bersamaan dengan koreografi gerak tari dan dikombinasikan dengan nyanyian yang unik. Pertunjukan Angklung badeng ini terdiri dari tiga vokalis, sembilan buah angklung, kecrek, empat dogdog lojor dan 2 terebang.

Angklung Badud, secara historis angklung jenis ini masih berkaitan erat dengan fungsi ritual dibidang pertanian. Angklung jenis ini bisa kita temui di daerah Cijulang-Ciamis. Angklung badud terdiri atas enam dogdog lojor, delapan angklung dan kempul. Namun seiring perkembangan jaman, angklung badud ini mengalami perubahan fungsional, yang pada awalnya hanya digunakan untuk ritual, namun pada saat ini angklung badud pun memiliki fungsi yang bergeser menjadi seni pertunjukan. 

Pemain Angklung 1906
Angklung Buncis, secara historis angklung buncis digunakan untuk ritual atau upaca pertanian, namun sekarang perannya cenderung lebih kepada hiburan. Angklung buncis ini biasanya ditampilkan dalam bentuk seni untuk mengisi acara arak – arakan, upacara khitanan, pernikahan dan peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada tgl 17 agustus. Secara musikal, dari segi ritme dan melodinya, angklung buncis mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh seni gamelan dan lagu –lagu kawih. Kini keberadaan angklung buncis masih terjaga di daerah Ujungberung – Bandung dan berada di desa Baros, Arjasari, Bandung.

Angklung Bungko, berada di desa Bungko, Cirebon – Jawa Barat. Angklung ini biasanya dimainkan pada upacara nadran, ngunjung ke Gunung Djati dan sedekah bumi. Selain itu, angklung ini dipercaya oleh masyarakat sekitar telah berumur 600 tahun. Meskipun ritual yang dilakukan berbeda dengan jenis angklung lainnya, angklung bungko ini pun dipercaya sebagai alat untuk menyebarkan agama Islam pada masa Syeh Bentong atau Ki Gede Bungko, yang merupakan tokoh masyarakat yang mampu menumpas bajak laut dan mensiarkan islam di tanah Cirebon-Indramayu. 

Baca Juga: Ki Gede Bungko Sang Laksamana Laut Kesultanan Cirebon

Angklung Gubrag, adalah angklung yang berkembang di daerah Cipining Bogor. Penamaan angklung gubrag sendiri memiliki kisah yang diceritakan secara turun temurun mengenai sebuah musibah yang pernah menimpa desa ini, yaitu kegagalan panen. Kata gubrag sendiri diambil dari kata ngagubrag yang artinya jatuh secara tiba –tiba, dan memunculkan bunyi yang mengagetkan. 

Kini angklung gubrag selain digunakan dalam upacara atau ritual penghormatan kepada “Nyi Pohaci” atau ”Dewi Sri”, angklung gubrag juga telah mengalami perubahan dengan adanya tambahan instrumen seperti goong, kempul dan kecrek. Pertunjukannya pun kini tidak sebatas ritual padi namun terkadang dimainkan pula pada pentas acara seperti upacara selametan desa dan hari- hari besar nasional.

Baca Juga : Sejarah Asal-Usul Angklung, Alat Musik Suku Sunda

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Angklung Alat Musik dari Suku Sunda"