Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gundik Aceh dan Tujuan Pergundikan di Aceh

Gundik Aceh-Saat Belanda menginvasi Kerajaan Aceh, banyak sekali Jendral dan Perwira Belanda lainnya yang ditugaskan di Aceh, mulanya mereka ditugaskan untuk menyerbu Kesultanan Aceh, namun selepas Kesultanan Aceh dapat ditaklukan pada 1874 seiring direbutnya Keraton dan Ibu Kota Kerajaan, mereka para Perwira dan pegawai-pegawai Belanda itu menetap di Aceh untuk memerintah di daerah taklukan barunya.

Berjalannya waktu, kian hari orang-orang Belanda banyak mendiami Kota-Kota di Aceh yang ditaklukannya, mereka Para Perwira Belanda itu nantinya melakukan Praktek Pergundikan ketika menetap di Aceh, mereka mengambil wanita-wanita Aceh untuk dijadikan sebagai Gundiknya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa Gundik mempunyai arti "Perempuan Peliharaan" juga mempunyai arti Istri Tidak Resmi dan juga dapat dimaknai sebagai selir. 

Menurut beberapa Sejarawan, banyaknya Perwira Belanda yang menggundik berkaitan dengan latar belakang Agamanya. Umumnya mayoritas orang Belanda beragama Kristen, dalam Dogma Greja, laki-laki Kristen hanya dibolehkan menikahi satu orang wanita saja, sebab itu praktis administrasi pemerintah Kolonial hanya mengakui 1 istri saja.

Berlatar Belakang dari Dogma Greja itulah, maka apabila seorang Kristen Belanda mengawini wanita lain dianggap sebagai perkawinan yang tidak sah menurut Greja dan sudah barang tentu tidak sah juga perkawinanya dalam adminsistrasi pemerintah Kolonial, sehingga Istri kedua dan seterusnya disebut "Gundik" atau wanita Peliharaan.

Gundik Aceh
Catatan mengenai wanita Aceh yang dijadikan Gundik oleh para Perwira Belanda tercatat dalam buku Karya Zentgraf yang berjudul " De Atjeh", dalam bukunya ia mencatat, bahwa ketika hubungan Sosial Belanda dan Pribumi Aceh kian meningkat seiring ekspedisi Belanda yang menjangkau pedalaman untuk menumpas para Grilyawan, para Perwira Belanda banyak menjadikan wanita Aceh sebagai Gundiknya. 

Menariknya, dalam buku tersebut juga dikisahkan mengenai tujuan mereka menjadikan wanita Aceh sebagai Gundiknya, adapun tujuannya salah satunya adalah "Mempelajari Bahasa dan Budaya Aceh" sementara tujuan puncak dari Praktek Pergundikan itu adalah menaklukan daerah-daerah yang dianggap sebagai sarang Grilyawan. 

Gundik Asal Aceh yang paling terkenal dalam sejarah Aceh adalah wanita yang disebut sebagai Istri "Panglima Ulee Lheu Mugoe", ketika suaminya berjuang menjadi Grilyawan, wanita tersebut dijadikan sebagai Gundik Perwira Belanda, mirisnya Gundik Aceh itu kemudian membocorkan persembunyian suaminya kepada Kekasih Belandanya, sehingga dari peristiwa tersebut Suami sahnya dapat ditangkap oleh Belanda. 

Zuftazani dalam De Atjeh Oorlog (hlm, 438) menyebutkan "Seorang Perwira Belanda yang mempunyai Gundik dari Wanita Aceh, yang mana Gundik itu tidak berkurang hormatnya pada tuannya walaupun tuannya adalah seorang Kafir, ini adalah sebuah kenyataan bahwa Aceh mempunyai lembaran hitam dalam sejarah menentang penjajahan Belanda, Wanita Aceh yang menjadi Gundik Belanda itu tidak hanya menjual kehormatannya melainkan juga menjual Agamanya".

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hasil Pergundikan antara Perwira Belanda dan Wanita Aceh sisa-sisanya masih dapat dilihat sampai sekarang dari sebaran penduduk Aceh yang mempunyai darah keturunan Belanda, mereka umumnya bermata biru dan berkulit putih, hanya saja guna menutupi malu mereka terkadang menyebut sebagai keturunan Portugis yang dahulu pernah singgah di Aceh (Kapal Portugis Karam di Aceh) dan ada juga yang beralasan ketika Portugis menakluk Pasai pada Tahun 1521. 
Bulek Lamno Aceh

Alasan tersebut tentu tidak dapat dibenarkan sepenuhnya, mengingat rentang Kedatangan Portugis ke Aceh sangat jauh sekali (Aabad 16-17), sehingga jika keturunan Portugis itu kawain mengawin dengan penduduk lokal secara terus menerus selama beberapa genarsi akan hilang kekhasan darah dan ciri ke Eropannya, berbeda dengan Belanda yang baru datang ke Aceh pada abad 19, jelas keturunan hasil Perkawinan antara Perwira Belanda dan Gundik Acehnya itu secara genetik masih dapat dilihat di Abad 21 ini. 

Orang-orang keturunan Eropa di Aceh biasanya disebut dengan Istilah "Bulek Lamno", umumnya mereka dianggap sebagai keturunan Portugis, tanpa sama sekali menyebut jika nenek moyang mereka merupakan hasil Kawin Campur antara Perwira Belanda dengan wanita Aceh yang dijadikan sebagai Gundik tuan Belandanya. 

Posting Komentar untuk "Gundik Aceh dan Tujuan Pergundikan di Aceh"