Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Suku Sunda

Orang Sunda atau juga disebut dengan Suku Bangsa Sunda mempunyai keunikan tersendiri, baik keunikan dalam bentuk penampilan, penggunaan bahasa, karya bangunan dan seni lainnya serta gaya hidup orang Sunda.

Ada beberapa ciri Khas orang Sunda yang dapat kita kenali dari melihatnya secara langsung, daiantaranya adalah sebagai berikut:



  1. Suku Sunda mempunyai Bahasa dan Aksara tersendiri, bahasa dan Aksara yang dimaksud adalah Bahasa dan Aksara Sunda. Bahasa Sunda hingga saat ini masih tetap ada dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda, hanya saja untuk aksara Sunda sudah jarang sekali Suku Sunda yang menggunakan dan meamahaminya.
  2. Penampilan atau Rupa orang-orang Suku Sunda beragam, tapi umumnya berkulit putih bersih dan Sawo matang dengan rambut lurus. Penampilan orang Sunda sebenarnya tidak terlampau berbeda dengan suku-suku di Sekitarnya, sperti Suku Jawa dan Cirebon.
  3. Suku Sunda mempunyai ciri khas dalam makanan, lalaban sayur-sayuran serta sambal menjadi ciri khas makanan orang Sunda, juga lauk pauk yang dipepes merupakan kegemaran orang Sunda dalam membuat lauk pauk.
  4. Pakaian tradisional orang Sunda mempunyai ciri khasnya sendiri, biasanya mereka pakai ikat kepala yang terbuat dari sleendang berwarna hijau atau biru. Pakaian yang digunakan juga sangat unik yaitu hitam dan putih. 
  5. Senjata yang menjadi ciri khas orang Sunda adalah Kujang, selain itu terdapat juga senjata lainnya seperti Bedog (Golok), pedang dan Keris yang digunakan orang Sunda.
  6. Bangunan rumah ciri khas orang Sunda adalah bangunannya terbuat dari bambu model rumah panggung yang tidak terlalu tinggi, rumah jenis ini nyaman untuk ditinggali adem dan tahan gempa. 
  7. Suku Sunda dalam hal musik mempunyai beberapa alat musik yang menjadi ciri khasnya, diantaranya adalah Angklung, alat musik yang terbuat dari bambu. 
Itulah beberapa ciri khas dari suku Sunda yang masih dapat ditemui hingga sekarang. Suku Sunda secara geografis menempati wilayah barat Pulau Jawa, penyebarannya dari mulai ujung Kulon Banten sampai pada Kabupaten Brebes yang masuk wilayah Jawa Tengah. 


Posting Komentar untuk "Ciri Khas Suku Sunda"