Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DAMPU AWANG, MERTUA PRABU SILIWANGI

Dampu Awang  digambarkan sebagai Sudagar Muslim Kaya Raya, memilik banyak Kapal, usaha bisnisnya tersebar dari pantai utara bagian Tengah dan Barat Jawa hingga Palembang.

Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari, bahwa Dampu Awang merupakan Saudagar Kaya dari Campa (Sekarang Bagian Vietnam), berhasil mengawini Rara Ruda merupakan anak dari Ki Gede Kasmaya dan juga Kakak dari Ki Gede Tapa (Pengusa Kerajaan SIngapura Cirebon).

Dari hasil perkawinannya dengan Rara Ruda, Dampu Awang memperoleh anak perempuan yang diberi nama Aci Putih. Putri ini kelak dinikahi oleh Prabu SIliwangi dan menghasilkan Putri yang diberi nama Rara Ruda. 

Menurut Naskah Carita Parahyangan, Nama Asli Ki Gedeng Kasamaya adalah Raden Giri Dewata, Putra dari Hyang Bunisora, Raja dari Kerajaan Galuh-Sunda bersatu yang bertahta pada 1357 hingga 1371.

Dengan demikian tergambar jelas bahwa Dampu Awang begitu Kaya sekali dizamannya sehingga berhasil mengawini Darah Biru Kerajaan Sunda-Galuh bersatu. Bukan sembarang orang. 

Dalam Catatan yang lain, Dampu Awang mulanya salah Satu Saudagar yang Ikut serta rombongan Laksamana Chengho (Sam Po Tay Kam) ketika mengunjungi Jawa, sementara pendapat lain menyebutkan jika Dampu Awang itu sejatinya adalah Sekertaris Pribadi Chengho yang bernama Ma Huan. Namun pendapat ini lemah.



Posting Komentar untuk " DAMPU AWANG, MERTUA PRABU SILIWANGI"