Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RIWAYAT HIDUP YOYO SUWARYO

Yoyo Suwarso lahir pada 13 Maret 1955 di Kampung Sukaurip, Desa Tanjung Kec Cipunegara Kab Subang Jawa Barat. Merupakan Seniman Tarling Legend di Pantura Jawa. Ayahnya bernama Kalima sementara ibunya bernama Tapen. Yoyo S dilahirkan sebagai anak tunggal sebab bapak dan ibunya tidak punya anak lagi. 

Karir Yoyo S sebagai seorang seniman Tarling dimulai ketika ia mengikuti tantenya Hj Dariah, bekerja di Group Tarling Cahaya Muda. Grup Tarling Asal Indramayu itu dipimpin oleh Suami Hj Dariah yang memang merupakan Seniman Top Indramayu bernama HT, Ma'mun. 

Meskipun bekerja pada Tantenya sendiri Yoyo konon bekerja dari bawah, mulai bekerja sebagai pemasang panggung, pengatur Soundsystem dan bekerja apa saja yang berhubungan dengan Group Tarling suami tantenya. 

Yoyo S

Lambat Laun, Bakat Yoyo menarik Tantenya, sehingga diajaknya Yoyo bermain Tarling menempati peran-peran penting, selanjutnya dibawah asuhan tantenya dan Grup Tarling Cahaya Muda, Yoyo S melesat menjadi bintang di Group Tarling itu, karena selain pandai berakting dan bernyanyi Yoyo juga pandai menciptakan lagu. 

Selanjutnya setelah puas menimba Ilmu kepada Tantenya melalui Cahaya Muda, Yoyo S, mendirikan Group Tarling sendiri, Grup Tarling yang didirikan dinamai Darma Muda. Grup Tarling ini berpusat di Larangan Indramayu. 

Melalui Darma Muda Yoyo S kian bersinar, sehingga ia berhasil membuat album lagu Tarling pertamanya yang diberi judul "Enakan". Lagu-lagu Dalam album tersebut meledak dipasaran, banyak diputar di radio-radio utamanya di Indramayu, Cirebon dan Brebes serta beberapa daerah lainnya yang menggunakan bahasa Jawa Pantura. 

Selepas keluarnya Album Enakan, Yoyo S kebanjiran Job, Grup Tarlingnya banyak Peminat, pendeknya tiada hari tanpa manggung. 

Selanjutnya Yoyo S juga mengeluarkan lagu Singel yang diberi judul Cemburu, lagi-lagi lagu tersebut meledak dipasaran digemari banyak orang pecinta musik Tarling. Tidak berselang lama, Yoyo S juga mengeluarkan lagu Singel lagi yang berjudul Dongbret, lagu inipun meledak di pasaran. Selepas ini banyak sekali lagu single yang diciptakan oleh Yoyo.

Yoyo S Wafat pada Tahun 2002 akibat kecelakaan Tunggal. Yoyo dimakamkan  dikampung halamannya Kampung Sukaurip, Desa Tanjung, Kec Cipunegara, Kab Subang. 

Makam Yoyo S Tahun 2024

Posting Komentar untuk "RIWAYAT HIDUP YOYO SUWARYO"