Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iskandar Muda, Sultan Aceh Yang Berpolemik Dengan Wanita Cantik

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu Raja dari Kesultanan Aceh beliau bertahta dari tahun 1607 sampai 1636. Dibawah Iskandar Muda Aceh berada dizaman kejayaan, sebab pada masa ini, Aceh berhasil menaklukan sebagian kerajaan di Sumatra, seperti Haru (Deli), Asahan, Minangkabau, bahkan juga berhasil menklukan kerajaan-kerajaan di Semenanjung Melayu dan bahkan menguasai jalur perdagan Selat Malaka[1]

Iskandar Muda diceritakan sebagai sosok Sultan yang pintar, ambisius dan keras terhadap pembangkang, begitulah gambaran mengenai Sultan Iskandar Muda. Akan tetapai ternyata ada gambaran lain yang belum banyak diungkap orang mengenai Sultan ini, yaitu  watak Sultan Iskandar Muda yang menyukai wanita-wanita cantik, bahkan dari kisah-kisah seputar kebesaran Aceh dijaman Iskandar muda ditemukan data bahwa Sultan terhebat dalam kerajaan Aceh ini penah berpolemik dengan wanita-wanita cantik yang menolak pinangannya. 

Ilustrasi Iskandar Muda & Wanita Cantik
Ada dua alasan bagi penulis untuk menyatakan bahwa Sultan Iskandar Muda mempunyai watak atau sikap memaksa untuk memiliki wanita-wanita cantik yang ia inginkan, sehingga kemudian menimbulkan polemik di antara keduanya. Adapun alasan-alasan yang di ajukan adalah sebagai berikut:

Alasan Pertama 

Penaklukan Kerajaan Aceh dibawah Sultan Iskandar Muda terhdap beberapa Kerajaan Melayu di Semenanjung dimulai dengan menyerang Johor pada tahun 1613 dan menawan sultan Johor, Alauddin Riayat Shah III. Namun kekuasaan Aceh di Johor hanya berlangsung sebentar karena pada tahun berikutnya pasukan Johor mengusir pasukan Aceh. Pada tahun 1617, Aceh menyerang Pahang, kemudian pada tahun 1619, sultan Iskandar Muda menyerang Kedah. Pada tahun 1620, Kerajaan Perak yang terletak di selatan Kedah juga ditaklukkan. Aceh juga berupaya mengusir Portugal dari kota Malaka pada tahun 1629, namun serangan ini gagal. Khusus pada penaklukkan Pahang, Sultan Iskandar Muda mengambil anak sultan Pahang yang bernama Alaudin Mughayat Syah sebagai menantu, dan mengawikanya dengan putrinya Tajul Alam[2] 

Selain mengambil Putra Raja taklukanya sebagai menantunya, rupanya berdasarkan bukti-bukti Arkeologis yang masih ada di Aceh, diketahui juga bahwa Raja Iskandar Muda ternyata mengambil puteri tercantik di Pahang, dalam sejarah Aceh sendiri tidak disebutkan nama aslinya, hanya saja puteri itu disebut dengan sebutan Puteri Pahang, maksudnya "seorang puteri yang berasal dari Kerajaan Pahang".

Jika kita memahami ulasan sejarah di atas dapatlah difahami bahwa Sultan Iskandar Muda yang sudah tua itu, ternyata masih berambisi untuk mengawini seorang gadis muda, terang saja Putri Pahang dalam perkawinan ini tak merasa bahagia, sebab itulah dikisahkan dalam sejarah Aceh, bahwa untuk mengusir kesedihan Putri Pahang, Sultan Iskandar rela membuat sebuah taman khusus untuk bermain-mainnya Puteri Pahang. Taman tempat bermainnya Putri Pahang itu sekarang dikenali dengan nama "Situs Taman Gunongan".  

Taman Gunongan

Penulis beranggapan bahwa Puteri Pahang pada saat dibawa ke Aceh masih berusia sangat muda, sebab beliau masih suka bermain-main. Seorang Puteri yang sudah Dewasa tentu lebih suka kemewahan ketimbang dibuatkan mainan, bukan begitu?, Inilah alasan pertama yang diajukan penulis jika memang benar bahawa Sultan Iskandar Muda menyukai gadis-gadis cantik yang muda-muda untuk dijadikan Istri atau mungkin juga selirnya.

Alasan kedua

Jika alasan pertama membuktikan bahwa Sultan Iskandar Muda merupakan Sultan yang menyukai wanita cantik, maka dalam alasan ini akan penulis buktikan bahwa ternyata Sultan Iskandar juga terbukti bisa memaksa jika wanita cantik yang hendak ia nikahi menolaknya, meskipun ia anak seorang Raja. Kalau anda menanyakan buktinya apa? maka demikianlah jawabanya:

Menurut cerita rakyat Melayu Deli, diceritakan dahulu pernah hidup seorang putri cantik rupawan bernama "Putri Hijau", sang putri diceritakan menolak lamaran Raja Aceh, karena menolak kemudian Raja Aceh menyerang kerajaan sang putri, dalam serangan itu dikatakan kerajaannya Putri Hijau dapat dikelabui meskipun tidak dapat ditaklukan, dalam peristiwa itu Putri Hijau diculik dan dibawa ke Aceh[3]

Berdasarkan cerita rakyat di atas, dikatakan bahwa Putri Hijau itu merupakan Puteri dari Kerajaan Aru/Haru yang terletak di Pulau Sumatra (sekarang Deli/Medan/Karo). Pertanyaan selanjutnya siapa Raja Aceh itu..? Pernakah Aceh menyerang Kerajaan Aru..? maka jawabnya demikian:

Ada dua sosok kemungkinan Raja Aceh yang terlibat dalam polemik cinta ditolak yang berbuah perang dengan kerajaan Aru ini yaitu:

Sosok pertama adalah Sultan Alauddin bin Ali Malik az Zahir yang menjabat  dari tahun 1537 Sampai 1568[4] Sultan Ke 5 Kerajaan Aceh Darusalam, dan sosok kedua adalah Sultan Iskandar Muda yang menjabat  dari tahun 1607 sampai 1636 Sultan Ke 14
Penulis mengajukan kedua Sultan di atas, karena memang dalam sejarahnya, pada masa kedua Sultan tersebuts, Aceh tercatat pernah melakukan serangan terhadap kerajaan Aru.

Catatan Portugis menyebutkan, bahwa pada 1539 Aceh melakukan serangan pada Kerajaan Aru, serangan Aceh menyebabkan Raja Aru Sultan Ali Boncar terbunuh oleh pasukan Aceh. Dalam rangka menghadapi Aceh Ratu Aru kemudian meminta bantuan pada Portugal di Malaka dan pada Johor. Armada Johor menghancurkan armada Aceh di Haru pada 1540. Aceh kembali berusaha menaklukan Haru pada 1564. Sekali lagi Haru berkat bantuan Johor berhasil mendapatkan kemerdekaannya[5], difahami dari tahun kejadiannya jelas masa ini merupakan masa pemerintahan Raja Ke 5 Kesultanan Aceh.

Selanjutnya, dalam surat Sultan Iskandar Muda yang ditujukan kepada Best yang ditulis pada tahun 1613, dinyatakan bahwa ; Raja Aru telah ditangkap, waktu itu dalam rangka menaklukan Aru, Aceh mengirim 70 ekor gajah dan sejumlah besar persenjataan untuk melakukan penyerbuan ke Aru. Dalam masa ini, sebutan Haru atau Aru juga digantikan dengan nama Deli dan kemudian resmilah Aru atau Deli menjadi jajahan Aceh[4].

Memahami perang Aceh Vs Aru di atas dapatlah kemudian dipahami bahwa Perang Pertama dalam jaman Sultan Ke 5 Aceh meskipun diceritakan Aceh dapat membunuh Raja Aru akan tetapi peperangan tidak sampai menaklukan Aru, akan tetapi pada saat Aceh di Rajai oleh Sultan ke 14, jelas Aceh dikatakan dapat menaklukan Aru. 

Berdasarkan hal tersebut, penulis lebih condong bahwa polemik antara Aceh dan Aru yang disebabkan keinginan Sultan Iskandar untuk memiliki putri cantik yang tak kesampaian itu terjadi pada masa perang ke II antara Aceh Vs Aru. Oleh karena itu, maka lengkaplah dalam alasan yang kedua ini bahwa memang Sultan Iskandar Muda berwatak menyukai wanita-wanita cantik, dalam kata lain jika wanita tersebut menolak maka dipaksa, oleh karena itu dimungkinkan perang besar penaklukan Aru oleh Aceh dalam masa Sultan Aceh ke 14 ini salah satu penyebabnya karena dilatar belakangi oleh keinginan Sultan Iskandar Muda untuk memperistri Puteri Hijau yang ditolak, demikianlah kesimpulannya.

Polemik Iskandar Muda & Wanita Cantik dalam Kisah Lain

Selain Putri Pahang dan Putri Hijau, kisah Sultan Iskandar muda yang bernafsu mengawini putri-putri Cantik juga ditemui dalam kisah berdirinya Bengkulu. 

Tidak berbeda dengan kisah sebelumnya, bahwa dalam legenda Bengkulu juga dikisahkan, bahwa sebelum munculnya nama Bengkulu, di daerah tersebut telah berdiri Kerajaan Sungai Serut, pada waktu itu Raja Aceh (Iskandar Muda) mengajukan lamaran pada Putri Kerajaan Sungai Serut, akan tetapi lamaran tersebut ditolak karena sang putri tidak berkenan. 

Penolakan tersebut membuat murka Raja Aceh, sehingga Aceh melancarkan serangan ke Kerajaan Sungai Serut, akan tetapi serangan Aceh tersebut dapat dipatahkan oleh Kerajaan Sungai Serut, sehingga pasukan Aceh kembali ke Negerinya. 


Tidak sampai itu saja, dalam Sejarah Negeri Kedah (Malaysia), Sultan Iskandar muda juga terlibat konflik ketika ia secara mentah-mentah ditipu oleh Sultan Kedah yang tidak mau Putrinya Selindung Bulan dinikahi oleh Iskandar Muda yang dikenal gemar mengawini gadis-gadis cantik. 

Aceh menyerang Kedah setelah sebelumnya Sultan Kedah mengirimkan Putri lain ke Aceh, padahal sebelumnya Sultan Iskandar Muda menginginkan mengawini Putri Lindungan Bulan[6]


Demikianlah beberapa alasan dan kisah Iskandar Muda yang berpolemik dengan beberapa wanita Cantik dari beberapa kerajaan. 

Selain dikenal sebagai Sultan yang berpolemik dengan wanita Cantik, watak Sultan ini juga terbilang keras, sebab pada umur 12 tahun saja beliau dikisahkan pernah membunuh kerbau jalang, begitulah apa yang dituliskan dalam hikayat Iskandar Muda. Untuk dapat memahami kisah utuh mengenai Sultan ini, silahkan anda baca dalam artikel kami berikutnya;

Baca Juga: Riwayat Sultan Iskandar Muda, Lahir Hingga Menjadi Raja Aceh Ternama

Referensi
[1] Reid, Anthony. Asal Usul Konflik Aceh: Dari Perebutan Pantai Timur Sumatra hingga Akhir Kerajaan Aceh Abad ke-19. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005. ISBN 979-461-534-X. Hlan 3
[2]Diakses.2-14-2017. https://brainly.co.id/tugas/1760798
[3] Diakses 2-14-2017. https://daerah.sindonews.com/read/1110248/29/kisah-meriam-puntung-puteri-hijau-dan-kerajaan-aceh-1463753782
[4] Lombard, Denys. Kerajaan Aceh: Zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Jakarta: Kepustakan Populer Gramedia, 2006. ISBN 979-9100-49-6
[5]Diakses 2-14-2017. https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Aru
[6]. Kisah Puteri Lindungan Bulan dapat anda baca di web-web yang membahas mengenai itu. Cari dengan kata Kunci "Hikayat Puteri Selindung Bulan Kedah"

10 komentar untuk "Iskandar Muda, Sultan Aceh Yang Berpolemik Dengan Wanita Cantik"

  1. Assalamualaikum...

    Salam sayang dari Kepulauan Riau, Indonesia...

    Dalam masa 1537 sampai 1636 itu Kepulauan Riau masih menjadi bagian dari Kerajaan Johor..... saya ingin mengajukan argumen...

    1. Serangan Iskandar Muda ke Pahang kemudian beliau menjadikan Puteri Pahang sebagai istrinya, itu dalam lingkupan "penaklukan"... namun Iskandar Muda juga terbukti membangun Taman untuk menghibur Puteri Pahang (bukti beliau berusaha membahagiakan puteri pahang tersebut)...

    Hanya satu itukah fakta sejarahnya sehingga anda memfonis Sultan Iskandar Muda hobi gadis-gadis cantik yang muda?

    Lagipula kalau saya seorang Sultan pun.. tentulah saya akan melakukan hal yang sama... tetapi apakah ada rekor lebih parah dari memperistri puteri Pahang sehingga anda bisa memvonis demikian?

    2. Sultan Alauddin Bin Ali Malik Az Zahir (1537-1568) bukan orang yang sama dengan Sultan Iskandar Muda.. kenapa seolah anda membangun opini bahwa mereka ini sosok yang sama dalam balutan kisah Puteri Kerajaan Aru?

    3. Sekedar informasi... Ratu Kerajaan Aru berlayar ke Bintan (Sekarang Pulau di Kepulauan Riau, Indonesia. Dulu bagian dari Kerajaan Johor) pada masa serangan Kerajaan Aceh tersebut.
    Kerajaan Johor berhasil membendung serangan Aceh di Kerajaan Aru.... (1539, 1540 dan 1564 seperti yang anda tulis diatas)
    Kemudian sang Ratu disebutkan dalam hikayat Bintan menikah dengan Raja Bintan (Raja dan Sultan sosok yang berbeda dalam susunan perlembagaan Melayu).

    intinya Ratu Aru tidak berhasil dinikahi Sultan Aceh (Bukan Iskandar muda melainkan Sultan Alauddin)... kenapa anda mengaitkan Serangan Sultan Iskandar kemudian hari dengan alasan serangan Sultan Alauddin?

    4. Serangan Aceh 1613 dibawah komando Sultan Iskandar murni merupakan penaklukkan atau perluasan kekuasaan... karena dalam tulisan anda sendiri tidak mencatat wanita mana lagi yang ia peristri.. karena pada zaman tersebut Ratu Aru sudah tua atau mungkin sudah tiada.,.. mengapa serangan Sultan Iskandar ke Aru anda kaitkan dengan ambisi Sultan untuk memperistri wanita cantik di Aru (Deli)...

    * Kalaupun Sultan Aceh mau menikahi wanita-wanita cantik beliau tidak perlu pergi mencari kemana-mana hingga harus memerangi kerajaan lain... toh di Aceh masih sangat banyak wanita cantik yang mungkin jauh lebih cantik dari wanita-wanita di daerah lain....

    > intinya alasan Seorang Sultan atau raja untuk menaklukkan kerajaan lain bukan dengan alasan wanita.. tetapi lebih kepada memperluas taklukan,,, sedangkan kalau ada kasus dikemudian hari Seorang Sultan memperistri wanita dari daerah taklukkan nya.. saya rasa itu terjadi hampir di seluruh belahan dunia.... Ego sebagai pemenang belum absah kalau belum memiliki wanita cantik dari daerah taklukkannya tersebut....

    Tambahan... > saya tau perang segitiga, Portugis-Johor-Aceh.... Sultan-sultan yang disebutkan diatas merupakan rival negeri saya suatu ketika dulu... tetapi saya merasa iba kalau sampai musuh-musuh nenek moyang saya divonis dengan cara diatas....
    Kita berperang karena politik.. bukan karena wanita semata... salam dari bualsejarah.com Terimakasih.. dan mohon maaf

    BalasHapus
  2. Admin ada baik nya sebelum menulis harus lakukan kajian, jangan asal menerka dan berpendapat pribadi. Sultan Iskandar Muda dalam Nasab Keluarga Kesultanan Aceh cuma beristrikan 4 yaitu :

    Putroe Sani Ratna Indera (ibu dari Meurah Pupok dan Sultanah Safiatuddin).
    Putroe Phang/Pahang.
    Siti Ungu Putri Berinai (ibu dari Sultan Asahan I).
    Putroe Asiah (ibu dari Panglima Polem I)

    Dan saya sendiri tidak pernah mendengar Sultan Iskandar Muda itu menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan perempuan meskipun dengan cara perang. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Seorang penulis biasanya melakukan survei kelapangan untuk meninjau kesahihan sejarah suatu bangsa bukan mencipta opini korang hajar yang seperti anda tulis ini Admin.Anda seolah-olah menciptakan opini iskandar muda itu haus akan perempuan.korang hajar Anda

    BalasHapus
  4. Assalamualikum..

    Kepada Saudara Admin Yang terhormat

    Dapatkah Anda Memperjelas DAN Mempertanggung jawabkan Atas tulisa anda di atas ?
    Apakah anda menyakini sumbur sumber yang anda gunakan dalam penulisan tulisan di atas sesuai dengan kejadian yang sebenar nya ?

    Dan saudara juga pernah menyebut tentang "Hikayat Aceh" ? Saudara Yakin Hikayat Aceh tersebut merupakan catatan sejarah yang dapat di pertanggung jawabkan ? Siapa pengarang nya ? Tahun berapa di tulis ? apa landasan dan latar belakang nya ?

    Saya Orang asli Aceh, dan saya dengan seluruh tim penelelitian independen aceh telah melakukan peneltian bertahun tahun. Dan sampai sekarang tentang hikayat yang anda sebutkan di atas adalah karya yang tidak bisa di pertanggung jawabkan berdasarkan kajian dari beberapa aspek keilmuan. Maka Tolong kalau memang ingin Menuliskan suatu sejarah Bangsa ORANG LAIN, TOLONG PAKEK motode penelitian yang konkret dan bisa di pertanggung jawabkan hasil nya. Jangan sembarang Mengutip dari sumber yang mana sumber tersebut masih kontroversial Alias bertentangan dengan Kejadian FAKTA yang sebetul nya.

    JIkalau ingin Menulis tentang aceh, Alangkah baik nya lakukan Penilitian terlebih dahulu.

    Salam Anuek Nanggroe....

    BalasHapus
  5. Segitu bencinya penulis kepada aceh hingga memberitakan fitnah yg aorang aceh saja belum pernah mendengar sebelumnya

    BalasHapus
  6. Salam๐Ÿ™๐Ÿ™

    Setelah membaca tulisan anda saya jadi tertarik untuk membaca bbrp literatur tentang Sultan Iskandar muda...

    Dari berbagai sumber saya dapat diketahui Sultan Iskandar muda (lahir pada tahun 1590 meninggal 1636) dan naik tahta tahun 1607-1636....pada masa pemerintahan Sultan ini Kesultanan Aceh Darussalam berada pada puncak kejayaannya berhasil menyatukan sebagian besar Sumatra dan semenanjung Melayu.

    Perang Kesultanan Aceh dengan pertugis sudah berlangsung lama sejak era sultan sebelumnya.

    Hal menarik dari tulisan anda adalah hal menyukai dan suka memaksa menikahi putri cantik....klo perihal menyukai siapa pula yang tidak tertarik dgn kecantikan, ya kan?

    Saya mau tanggapi berdasarkan waktu kejadian.
    1. Penaklukan Kesultanan Pahang pada tahun 1617, dlm penaklukan tersebut Kesultanan Aceh menahan Sultan pahang dan keluarganya termasuk anak sulung Sultan pahang yaitu Raja Mughal (lahir 1610, meninggal 1641), pada tahun 1617 usianya 7 tahun....yang nantinya dididik dan dinikahkan dan putri Safiatuddin (lahir 1612, meninggal 1675)..jadi tidak langsung dinikahkan pas tahun di bawa (1617) masih bocil kala itu..dan pun setelah mangkatnya Sultan Iskandar muda tahun 1636, raja Mughal ini dijadikan Sultan Aceh, dengan gelar Sultan Iskandar Tsani (1636-1641) setelah mangkat sultan Iskandar Tsani....Putri Safiatuddin naik tahta (1641-1675).

    2. Sultan Iskandar muda menikahi putri cantik dari Pahang tahun 1617...
    Berdasarkan tahun kelahirannya sultan Iskandar muda 1590 maka tahun 1617 usianya baru beranjak 27 tahun.....JADI kalimat sudah tua menyukai gadis cantik terpatahkan.....usia 27 tahun kok dianggap tua....malahan meninggalnya pun masih relatif muda tahun 1636 (46 tahun).

    3. Perang pertama dengan Kerajaan Haru yang dianggap berhubungan dengan dengan putri hijau terjadi pada masa sebelum Sultan Iskandar Muda.....dan hal ini sudah dijelaskan oleh komentator sebelumnya bahwa Putri hijau menikah dgn putra Sultan Bintan (Sultan Husain).

    Perang masa kerajaan ini adalah perang politik dan perluasan kekuasaan. Seperti pada masa sebelumnya kerajaan Haru berhubungan baik dengan Portugis dan ikut serta dalam menyerang Kesultanan Samudera Pasai tahun 1526. Itu jauh hari sebelum Kesultanan Aceh Darussalam berdiri 1496-1903.

    Catatan Portugal menyebutkan serangan kesultanan Aceh pada Haru tahun 1539. Saat itu Sultan Haru (Sultan Ali Bocar) terbunuh....dan ratu Haru kemudian meminta bantuan Portugis dan Johor melawan armada Aceh tahun 1940.
    Aceh kembali menaklukkan Haru tahun 1564. Sekali lagi Haru berkat bantuan Johor berhasil mendapatkan kemerdekaannya.
    Barulah pada masa Sultan Iskandar Muda kerajaan Haru ditaklukkan dan berakhir...
    Kemudian seorang pemuka Aceh bernama Muhammad Dalik atau dikenal dgn Tuanku Gocah Pahlawan mendirikan Kesultanan Deli yang masih dibawah kekuasaan kesultanan Aceh sampai tahun 1669. Setelah Tuanku Gocah Pahlawan mangkat kekuasaan beralih pada puteranya dan mendeklarasikan merdeka...baru pada tahun 1861 Kesultanan Deli secara resmi diakui merdeka dari Siak maupun Aceh.

    4. Kesultanan Asahan bukan hanya termasuk wilayah Kesultanan Aceh tetapi berdasarkan sejarah berdirinya Kesultanan Asahan berawal dari Singgahnya Sultan Iskandar muda tahun 1612 dlm perjalanan menaklukkan Johor...Sultan pertama kesultanan Asahan adalah Sultan Abdul Jalil yang merupakan putera Sultan Iskandar Muda dengan putri Siti ungu selendang bulan. Kesultanan Asahan (1630-1946).

    Jadi berdasarkan tahun kejadian bisa disimpulkan bahwa:
    1. Pernikahan dengan Putri Pahang terjadi tahun 1617 saat itu usia Sultan Iskandar Muda baru 27 tahun berdasarkan tahun lahir 1590.

    2. Putri kerajaan Haru menikah dengan Sultan Husain putera Sultan Bintan. Dan serangan Kesultanan Aceh ke Haru tahun 1539 dan tahun 1564 bahkan terjadi sebelum Sultan Iskandar Muda lahir (1590)

    Demikianlah tanggapan dari saya, terimakasih. Salam

    BalasHapus
  7. Inilah akibat admin kalau berak tidak cebok.

    BalasHapus
  8. "Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin."

    Lah, informasinya saja tidak jelas bagaimana mau komentar yang jelas.

    BalasHapus
  9. Di zaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda Aceh sudah murni memeluk Islam secara kaffah
    Jadi kok di sebutkan dlm musyawarah di atas tadi berkumpul para tetua dan pendeta,
    Luar biasa..!!sumber sejarah anda ini dari mana...jgn asal ngarang soal sejarah bila tidak sesuai dgn fakta
    Dasar wong gendeng

    BalasHapus
  10. Saya baca artikel & komen teman² disini, saya ambil kesimpulan kalo si admin terlalu bnyk makan micin.

    Gunongan atau taman ghairah atau taman sari, dibangun oleh Sultan Iskandar muda kepada Istri'a sebagai wujud rasa cinta, sprt kisah taj mahal.
    Bukan taman bermain kanak² sprt yg ente blg.

    Kemudian ente gak tau nama Putri pahang, mk'a bnyk baca referensi sejarah jgn asal berasumsi liar.
    Nama'a Putri Kamalillah.

    Klo gw tanggapi bnyk sbnr'a, cm ckup itu aja.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.