Asal-Usul Makam Warak Bungkak Bangkaloa Ilir

- Februari 24, 2018
Warak Bungkak merupakan situs pemakaman yang terletak di RT 05 RW 02 Desa Bangkaloa Ilir. Meskipun situs ini sebagai situs pemakaman akan tetapi rupanya didalam situs ini hanya cuma terdapat dua makam saja. Kondisi kedua makam tersebut saling berdempetan.

Kini situs dari kedua makam tersebut terletak di dalam sebuah bangunan permanen. Sementara diluar bangunan terdapat kubangan air atau Balong yang ditumbuhi pohon. Sementara dibelakang dan samping kiri makam merupakan sawah milik penduduk setempat.

Menurut salah satu sesepuh desa Bangkaoa Ilir, situs makam Warak Bungkak itu pada mulanya hanya ada satu makam, dinamakan Warak Bungkak karena memang dulunya ada Warak atau Badak mati yang dikuburkan disitu. Sebab itulah pemakaman itu dinamakan Warak Bungkak, maksudnya kuburanya Warak yang mati (Badak). 

Adapun makam yang satunya lagi merupakan makam orang yang tak dikenal, jadi suatu ketika penduduk menemukan mayat di Sungai Cimanuk, karena mayat manusia maka untuk kemudian mayat itu dikuburkan. 

Alasan mayat itu dikuburkan di komplek pemakaman Warak Bungkak adalah karena ditakutkan ada keluarganya yang mencari, sehingga mayat itu kemudian tidak dikuburkan di area pemakaman umum  Desa Bangkaloa yaitu di Komplek pemakaman Buyut Warti.
 

Start typing and press Enter to search