Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Pilu di Balik Wafatnya Sultan Matangaji Cirebon

Matangaji adalah julukan bagi Sultan Shafiudin, beliau merupakan Sultan ke V dari Kesultanan Kasepuhan Cirebon yang bertahta pada 1773-1786. Dijuluki Matangaji karena beliau merupakan seorang Sultan yang matang dalam mengaji atau pandai dalam ilmu agama, beliau juga dikisahkan mendalami ajaran Mahayekti [Sufi].

Dimasa pemerintahannya, Sultan Matangaji gigih melakukan perlawanan terhadap Belanda, perjuangannya dalam menentang Belanda menjadikannya sebagai Sultan yang di cintai rakyatnya, pengikutnya dimana-mana. Tapi akhir hayat dari Sultan ini dikisahkan pilu sebab beliau dibunuh oleh adik iparnya sendiri. Penghianatan itu dilakukan di Pintu Ukir Keraton Kasepuhan.

Bagai seorang Pejuang semsial Sultan Matanagaji, tentu mati di medan juang lebih mulia daripada mati ditangan saudara sendiri, apalagi yang melakukan pembunuhan terhadapnya adalah kerabat sendiri. Inilah kisah pilunya.

Adik Ipar Sultan Matangaji yang membunuh Sultan yang dicintai rakyat itu namanya Ki Muda (Kelak menjadi Sultan Kasepuhan ke VI), kala itu ia menjabat sebagai pengurus Kuda Keraton. Adapun awal mula dari pembunuhan Sultan Matangaji oleh Ki Muda dilatar belakangi oleh kisah yang panjang.

Kisah bermula dari muakanya Sultan Matangaji kepada Belanda, Sultan mengangap Belanda sudah menyengsarakan rakyat, bahkan terlulu banyak ikut campur urusan Keraton. Tapi karena sadar secara persenjataan Belanda lebih unggul dibanding Cirebon, maka Sultan melakukan upaya besar untuk membuat senjata secara besar-besaran.

Berdasarkan pertimbangan yang matang, Sultan mengubah fungsi taman Sunyaragi sebagai Bunker pembuatan senjata sekaligus sebagai tempat pelatihan prajurit dalam upaya persiapan melawan Belanda.

Taman Sunyaragi sebelumnya merupakan taman air terbesar di Jawa, taman itu pada mulanya dibangun Pangeran Arya Cirebon sebagai hiburannya para Sultan dan dayang-dayangnya. Ditempat itu Sultan Matangaji dengan senyap memproduksi ribuan Senjata jenis tombak, pedang, golok, anak panah, keris dan lain sebagainya.
Senjata Peninggalan Era Sultan Matangaji Di Musium Keraton Kasepuhan
Upaya diam-diam penyusunan kekuatan oleh Sultan Matangaji ini rupanya ada yang membocorkan, sehingga dengan sigap Belanda menyerbu Sunyaragi, terjadi peperangan besar antara Belanda dan Pasukan Sultan Matanggaji, akan tetapi karena kurang persipan, pasukan Sultan Matangaji dapat dipatahkan oleh Belanda, meskipun demikian Sultan Matangaji dan sebagaian pengikutnya berhasil menyelamatkan diri ke daerah selatan Cirebon, tepatnya di Sumber.

Di Sumber, Sultan dengan pengikut setianya yang masih tersisa membangun Pesantren, di tempat barunya itu Sultan dengan tekun mengajarkan Agama dan ilmu kedigjayaan pada santri-santrinya.

Merasa kagum dengan Sultan, para santri banyak yang ingin diikut sertakan melawan Belanda, akan tetapi Sultan mengajukan syarat kepada para santri, syaratnya tiap-tiap santri yang ikut berjuang harus benar-benar matang dahulu dalam mengaji.

Syarat itu yang kemudian menjadikan Sultan Kasepuhan ke lima itu dijuluki sebagai Sultan Matangaji, karena selain beliau sebagai sorang yang pandai atau matang ilmu agamanya, beliau juga mengharuskan pengikutnya matang dulu dalam agama sebelum ikut berjihad melawan Belanda.

Bentrokan antara pengikut Sultan Matangaji dengan Belanda terjadi berkali-kali, dalam perang antar keduanya Belanda mengalami kerugian yang cukup besar, mengingat perjuangan Sultan Matangaji dan pengikutnya dalam menghadapi Belanda dilakukan secara grilya [Sembunyi-Sembunyi]. Yaitu menyergap musuh dikala lengah, kemudian menghilang dikala musuh mengejar.

Putus asa dalam menghadapi perlawanan para pengikut Sultan Matangaji, Belanda kemudian menggunakan taktik licik, Belanda menggunakan tangan Ki Muda adik Ipar Sultan sebagai alat untuk menangkap Sultan.

Melalui perantara Ki Muda, Belanda mengajak Sultan Matangaji untuk berunding. Dalam perundingan itu rupanya Balanda memasang jebakan, Sultan Matangaji kemudian di tangkap sementara pengikutnya dibantai habis oleh pasukan Belanda.

Dalam upaya penangkapan, Belanda sebenarnya ingin langsung membunuh Sultan di tempat perundingan, akan tetapi Sultan dikisahkan memiliki kekuatan mistis sehingga sulit dibunuh. Sultan Matangaji hanya bisa ditangkap dan untuk kemudian dijeblosakan dalam tahanan Keraton.

Niat Belanda untuk menghabisi Sultan Matangaji rupanya masih tetap bergejolak, Belanda memerintahkan Ki Muda untuk membunuh Sultan Matangaji dengan iming-iming jabatan tinggi, yaitu menggantikan Sultan Matangaji.

Setelah mendapatkan tawaran itu, Ki Muda dikisahkan mencari cara agar dapat membunuh Sultan Matangaji, cara pembunuhan akhirnya ditemukannya.

Sultan dikisahkan hanya dapat dibunuh dengan senjatanya sendiri, oleh karena itu, Ki Muda mengambil senjata pusaka Sultan Matangaji dan kemudian menusakannya. Kisah pilu itu terjadi di depan Pintu Ukir Keraton Cirebon.

Begitulah kisahnya, kisah seorang Sultan yang gigih melawan kesewenang-wenangan Belanda demi kesejahteraan rakyatnya, di Cirebon namanya tetap harum hingga kini, meskipun dizaman setelah kewafatnya, Belanda dengan berbagai cara merusak nama baik Sultan.

Diantara cara-cara buruk Belanda untuk merusak nama baik Sultan adalah munculnya berita bohong yang dibuat Belanda mengenai Sultan Matangaji, Sultan dipropagandakan sebagai seseorang yang mengidap gangguan jiawa karena mendalami ilmu Mahayekti.

Daftar Bacaan:
[1] Para Raja di Kesultanan Kasepuhan Cirebon
[2] Kisah Pengungsi Cina Rembang, dan Pembangunan Taman Sunyaragi di Cirebon

6 komentar untuk "Kisah Pilu di Balik Wafatnya Sultan Matangaji Cirebon"

  1. Setelah sultan matangaji wafat lalu yg menjadi sultan siapa? Nama aseli ki muda siapa?

    BalasHapus
  2. Dari sini sudah bisa ditebak, bahwa sultan setelah Matangaji bukan keturunan asli sunan gunung jati, wajar bila sultan sekarang berani menjual makam sunan gunung jati, karena mereka bukan keturunan wali melainkan keturunan penghianat.

    BalasHapus
  3. Mass yg punya website sya minta nomer nya..
    Kalo gk hubungin no sya
    083815073981...

    Cerita beliaw.. bner2 mirip bgt sma crita turun temurun keluarga sya...
    Tpi namanya pangeran dipati dikila rajan

    BalasHapus
  4. Siapa saja garis keturunan sultan matangaji... Nenek saya almarhum bernama Ratu Khasanah,,kkak almarhum nenek bernama Ratu Susanah,,Ratu Kenting..konon ceritanya masih garis keturunan dari sultan sepuh ke 5 yaitu Sultan Matangaji.namun karena menikah dg orang bukan dari kalangan keraton jd harus keluar dari keraton..saya ingin mengetahui kebenarannya..karna saya bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Anda tinggal di mana, utk menelusurinya coba kalau malam Jumat ikut tahlilan di Gebang, ada situs Pangeran Alas .....coba tanya2 pada tokoh2nya.....selamat...

      Hapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.