Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Ra Tanca Dalam Membunuh Jaya Negara

Membunuh Jaya Negara terbilang suasah, sebab selain seorang Raja yang selalu dijaga ketat oleh Para Bhayangkara, Jaya Negara juga memiliki ilmu kebal, begitulah yang diinformasikan serat Pararaton pada bagian ke 8. Meskipun begitu Ra Tanca rupanya punya teknik jitu untuk membunuhnya.

Jaya Negara adalah Raja kedua Majapahit, menurut Negara Kertagama Jaya Negara naik tahta pada 1309 Masehi dengan Gelar Abhiseka Wiralandaghopala, ia naik tahta selepas kemangkatan ayahnya Dyah Wijaya. Jaya Negara merupakan anak laki-laki satu-satunya Dyah Wijaya, ibunya adalah Indradewi atau Dara Petak seorang Putri Melayu dari Kerajaan Dhamasraya.

Meskipun Jaya Negara terlahir dari seorang selir, akan tetapi karena sejak kecil ia diakui anak  oleh Sri Prameswari Dyah Dewi Tribuaneswari (Permaisuri) maka secara otomatis kedudukan Jaya Negara berubah menjadi Putra Mahkota, apalagi Permaisuri tidak mempunyai anak laki-laki sehingga kedudukan Jaya Negara sebagai penerus tahta tidak ada yang membantah.

Baca Juga: Istri-Istri Raden Wijaya Pendiri Majapahit

Pada masa Jaya Negara memerintah Majapahit, kondisi kerajaan dirundung banyak masalah, karena Jaya Negara termakan hasutan Dyah Halayuda yang dikenal menghalalkan segala cara demi memperoleh jabatan sebagai Mahapatih.

Pada masa Jaya Negara memerintah 1309-1328 tercatat beberapa kali terjadi pemberontakan yang diakibatkan oleh hasutan Dyah Halyuda, diantaranya Pemberontakan Mahapatih Nambi, dan Pemberontakan Ra Kuti.

Semua pemberontakan pada akhirnya mampu dipadamkan Jaya Negara, biang perusak kerajaanpun (Dyah Halayuda) akhirya dibunuh Jaya Negara melalui tangan Gajah Mada. Meskipun demikian asap dari Pemberontakan rupanya masih tetap ada.

Baca Juga: Biografi Dyah Halayuda-Mahapatih

Ra Tanca salah satu dari 7 Pejabat Dharmaputra yang berprofesi sebagai Tabib Istana menyimpan dendam dalam-dalam terhadap Jaya Negara. Dalam Serat Pararaton disebutkan bahwa dendam Jaya Negara muncul selepas istrinya diperlakukan tidak senonoh oleh Raja, selain itu,  ia juga masih menyimpan dendam terhadap kematian teman-teman seperjuangannya di Dharmaputra.

Baca Juga: Duel Gajah Mada Vs Tujuh Pejabat Dharmaputra

Ra Tanca tidak menyukai kelakuan Jaya Negara yang a moral, dalam serat Pararaton, Jaya Negara dikisahkan sebagai Raja yang banyak membuat kecewa dan sengsara rakyat, juga dikenal sebagai Raja yang mau mengawini adik perempuannya sendiri agar tahta Majapahit tetap utuh ditangannya.

Kemuakan Ra Tanca pada Jaya Negara melahirkan rencana pembunuhan, ia berniat menghabisinya. Akan tetapi karena ketatanya penjagaan, Ra Tanca memilih untuk bersabar, hingga suatu ketika datang kesempatan yang ia tunggu-tunggu.

Serat Pararaton menceritakan, bahwa suatu ketika Jaya Negara terkena sakit bisul, sehingga ia tidak bisa berjalan karena mengalami pembengkakan. Gajah Mada kemudian memanggil Ra Tanca ke Istana untuk mengoprasi penyakit Raja.

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Ra Tanca, iapun mempersiapkan alat oprasi yang sanggup dijadikan sebagai alat bunuh, mengingat dalam kamar Raja, Ra Tanca tidak diperkenankan membawa senjata.

Ketika kesempatan membunuh didepan mata, Ra Tanca menusukan pisau opresai (Taji) pada bagian tubuh Jaya Negara yang membengkak, namun sang Raja rupanya tak bergeming, Jaya Negara kebal senjata.

Dengan alasan hendak mengoprasi penyakit sang Raja, Ra Tanca akhirnya merayu Rajanya untuk melepaskan zimat kekebalan yang dimiliki, malangnya Jaya Negara menurutinya, sehingga pembunuhanpun akhirnya terjadi. Jaya Negara dihujami pisau operasi berkali-kali hingga tewas.

Sementara disisi lain, Gajah Mada dan para Bhayangkara yang memergoki peristiwa pembunuhan menjadi kalang kabut, Gajah Mada kemudian menusuk Ra Tanca dengan sebilah keris, Ra Tancapun akhirnya tewas bersimbah darah.  

9 komentar untuk "Teknik Ra Tanca Dalam Membunuh Jaya Negara"

  1. di paragraf terakhir, disebutkan :

    "Gajah Mada kemudian menghantam Jaya Negara dengan tusukan mematikan, Ra Tanca akhirnya tewas tersungkur bersimbah darah."

    terasa ganjil ya ceritanya, atau penuturannya yang agak bertolak belakang...

    BalasHapus
  2. Tulisannya menarik, hanya ada beberapa paragraf yang membingungkan. Terutama paragraf terakhir, dimana disebutkan Gajah Mada menghantam Jaya Negara dengan tusukan yang mematikan, sehingga tersungkurlah Ra Tanca dengan bersimbah darah.

    BalasHapus
  3. Kejadian kejadian yang memojokan Raja Raja leluhur kita banyak disangsikan oleh para Ahli sejarah, karena tidak didukung oleh bukti bukti ilmiah seperti dikuatkan oleh kitab lainnya.

    BalasHapus
  4. Dalam literatur lain ada tulisan yang menyatakan bahwa terbunuhnya Jaya Negara oleh Ra Tanca memang diatur oleh Gakah Mada. Gajah Mada tau bahwa Ra Tanca menaruh dendam pada Jaya Negara. Untuk menutupi semua, Gajah Mada membunuh Ra Tanca. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  5. Dulu dan sekarang tdk jauh beda, banyak orang menghalalkan segala cara demi kekuasaan,..🤦🏾‍♂🤦🏾‍♂🤦🏾‍♂

    BalasHapus
  6. Ceritanya menarik banget. Teknik paling tinggi ada di pemikiran dan tindakan Gajah Mada. Sebagai orang biasa, saya melihat teknik ini sangat keji. Tapi, bagi kalangan politikus dianggap halal saja. Libido berkuasa sering menabrak rasa kemanusiaan.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.