Kelahiran Gajah Mada

- Oktober 02, 2019
Kelahiran Gajah Mada adalah bahasan menarik yang terus dibicarakan orang seiring penemuan sumber-sumber cerita baru baik yang berasal dari Jawa maupun dari Bali. Menurut kepercayan orang Bali sebagaimana yang tertulis dalam kitab “Usana Jawa” Gajah Mada dilahirkan di Pulau Bali sebelum akhirnya pindah dan menetap di Majapahit.

Kitab Usana Jawa juga menjelaskan bahwa Gajah Mada tidak mempunyai ibu dan bapak, melainkan terpancar dari dalam buah kelapa sebagai penjelmaan Sang Hyang Narayana ke dunia. Pendek kata Gajah Mada dilahirkan sebagaimana anak-anak setengah Dewa lainnya seperti Arjuna, Yudistira dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aria Bebed, Putra Gajah Mada

Sementara itu bagi masyarakat Jawa, khususnya masyarakat di sekitar Malang menganggap Gajah Mada dilahirkan di sekitar daerah aliran Sungai Brantas, pada kira-kira Tahun 1300 Masehi. Dalam tutur masyarakat ini Gajah Mada dikisahkan berlar belakang dari keluarga yang tak punya. Dari itulah kemudian kisah Gajah Mada dari mulai kecil hingga sebelum menjadi Tentara Majapahit seperti haram dikisahkan.

Baca Juga: Asal-Usul Gajah Mada

Selain dikenal dengan sebutan Gajah Mada, tokoh ini juga dikenal dengan sebutan Mpu Mada, Jaya Mada, Jaka Mada, Dwirada Mada dan lain sebagainya. Ada juga yang menyatakan Gajah Mada sebenarnya bukan nama sebenarnya, melainkan nama julukan meskipun begitu nama Kecil Gajah Mada hingga kini masih misteri.

Baca Juga: Gajah Mada, Bukan Nama Asli
Baca Juga : Madakaripura, Kantor Kerja Baru Gajah Mada Selepas Tragedi Bubat
Baca Juga : Duel Gajah Mada Vs Tujuh Pejabat Dharmaputra
Baca Juga : Puranti, Kekasih Hati Gajah Mada
Baca Juga : Mengenal Temasek, Negeri Yang Disebut dalam Sumpah Palapa Gajah Mada

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search