Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Pangeran Panjunan Cirebon

Pangeran Panjunan dalam sejarah Cirebon merujuk pada julukan dari salah seorang penyebar Agama Islam di Cirebon yang mempunyai nama asli Syarif Abdurahman. Dijuluki Pangeran Panjunan karena yang bersangkutan mendakwahkan Islam di sebuaha daerah yang bernama Panjunan. 

Selain berdakwah di daerah Panjunan yang bersangkutan juga berjodoh dengan adik perempuan Penguasa Cirebon (P. Walangsungsang) dan juga diangkat menjadi penguasa di Panjunan, dari itulah beliau kemudian dikenal dengan julukan Pangeran Panjunan, yaitu seorang Bangsawan yang memerintah dan sekaligus mendakwahkan Islam di Panjunan. 

Pangeran Panjunan

Mengenai asal-usul kedatangan Pangeran Panjunan atau Syarif Abdurahman ini terdapat beberapa versi. Menurut versi pertama, sebagaimana yang terdapat dalam Naskah Kuningan bahwa Pangeran Panjunan dikisahkan sebagai salah satu anak Raja Bagdad yang sengaja datang ke Cirebon. Dalam versi ini juga dikisahkan jika Pangeran Panjunan adalah cucu dari Prabu Siliwangi.

Baca Juga: Aci Putih, Putri Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi dahulu menikah dengan Nyi Aci Putih, putri dari pasangan Dampu Awang dan Rara Ruda. Dari pernikahan keduanya kemudian melahirkan Nyi Aci Bedaya. Putri Prabu Siliwangi tersebut kemudian lebih dekat dengan kakakenya yang beragama Islam dan pada akhirnya tinggal di Champa.

Dikemudian hari, Nyi Aci Bedaya berjodoh dengan Sultan Bagdad dan nantinya namanya diubah menjadi Syarifah Bedaya. Dari hasil perkawinan antara Nyi Aci Bedaya dan Raja Bagdad melahirkan empat orang anak, yaitu:

  1. Maulana Huda (Ki Gedeng Babadan
  2. Maulana Yunan (Pangeran Panjunan)
  3. Maulana Api (Pangeran Kejaksan), dan
  4. Rara Badad (Rara Jati)

Sementara dalam versi yang lainnya Pangeran Panjunan dikisahkan sebagai anak dari keponakan Raja Bagdad (Syarifah Halimah) yang menikah dengan Syekh Datuk Kahfi atau Syekh Nurjati. Dan juga dari hasil perkawinan antara Syarifah Halimah dan Syekh Nurjati itu kemudian mempunyai empat orang anak yang sama.

Dengan demikian bahawa, asal-usul Pangeran Panjunan dalam sejarah Cirebon sendiri terdapat beberapa perbedaan, ada yang menyebutnya sebagai cucu Prabu Siliwangi ada juga yang menyatakan bukan. Namun yang jelas Pangeran Panjunan pada hakikatnya merupakan tokoh penyebar agama Islam di Cirebon yang hidupnya sezaman dengan Sunan Gunung Jati, beliau juga adalah orang yang turut merintis berdirinya Kesultanan Cirebon.

Oleh : Bung Fei

1 komentar untuk "Biografi Pangeran Panjunan Cirebon"

  1. Sultan Baghdad yg mana ini Kang?Penguasa Mongol di Baghdad?Atau kepala suku Turki yang menguasai Irak?Atau jangan-jangan ini Uzun Hasan yang musuhnya Al-Fatih.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.