Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajaan Bedahulu, Kerajaan Terkuat Di Bali Yang Menggentarkan Majapahit

Pada Tahun 1342 Majapahit mengultimatum Kerajaan Bedahulu untuk tunduk dibawah Kemaharajaan Majapahit. Terang saja ultimatum tersebut ditolak oleh Raja Bedahulu, karena baginya Majapahit itu merupakan kerajaan yang baru berdiri kemaren sore, sementara Kerajaan Bedahulu adalah kerajaan tua yang sudah berdiri sejak abad ke 8 masehi[1], wilayahnya membentang dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Bali, bahkan pulau-pulau sekitarnya seprti Lombok dan Timor menjadi jangkauan kekuasaanya. 

Merasa tak mempan ditaklukan dengan jalan diplomasi, Majapahit kemudian mengirimkan pasukan tempurnya untuk menaklukan Bali. Tetapi kerajaan Bedahulu bukan kerajaan biasa, tercatat beberapa kali serbuan Majapahit ke Bali dapat dipatahkan oleh Kerajaan Bedahulu. Tentara Majapahit dibuat kocar-kacir olehnya. 

Serangan demi serangan yang dilancarkan Majapahit dikisahkan dapat dibungkam Kerajaan Bedahulu, Majapahit kini gentar, sebab mungkin saja Kerajaan Bedahulu yang sulit ditaklukan itu kemudian berbalik menyerang Jawa. 

Tak mau mundur sebelum menaklukan Bedahulu, Majapahit kemudian menerjunkan Patih Gajah Mada ke arena penaklukan, tidak hanya Gajah Mada, Majapahit juga menerjunkan beberapa panglima perang terbaiknya ke medan peperangan salah satunya Arya Damar.

Setelah Gajah Mada mengamati kekuatan Kerajaan Bedahulu, didapat kesimpulan bahwa kemenangan demi kemenangan yang diperoleh Kerajaan Bedahulu disebabkan kecakapan Patih Kerajaan Bedahulu dalam mengatur strategi perang. Pada waktu itu yang menjadi Patih Kerajaan Bedahulu adalah Kebo Iwa, beliau dikisahkan sebagai Patih ahli strategi perang yang handal dizamannya. 

Gajah Mada kemudian menyusun Strategi pembunuhan terhadap Patih itu, hingga kemudian Gajah Mada berhasil membunuh Kebo Iwa, Patih Kebanggaan Kerajaan Bedahulu. Dan benar saja selepas terbunuhnya Kebo Iwa, kemenangan demi kemengan kemudian berbalik Kemajapahit. 


Puncaknya pada tahun 1347 Gajah Mada dapat menaklukan Kerajaan Bedahulu, sementara dalam tragedi penaklukan itu Raja Makambika, Raja ke 28 sekaligus Raja terakhir Kerajaan Bedahulu tewas terbunuh[2]. Sisa-sisa Prajurit dan pejabat penting Kerajaan Bedahulu kemudian melarikan diri keberbagai tempat di pulau Bali diantaranya ke Desa Trunyan, Bangli, Desa Tenganan,  Karangasem; serta di desa-desa Sembiran, Cempaga Sidatapa, Pedawa, Tiga Was, Padangbulia di  Buleleng.

Selepas penaklukan tersebut kemudian Gajah Mada mengangkat seorang Brahmana Jawa yang bernama Sri Kresna Kepakisan sebagai Raja di pulau Bali. Keturunan dinasti Kepakisan inilah yang di kemudian hari menjadi raja-raja di beberapa kerajaan kecil di Pulau Bali. Adapun orang-orang Bedahulu yang melarikan diri dari serangan Majapahit tersebut kini dikenal sebagai orang Bali asli atau biasa disebut orang Bali Aga. 

Catatan Kaki
[1] Kerajaan Bedahulu Didirikan abad Ke 8 Runtuh abad Ke 14 karena di Invasi Majapahit
[2] Nyoka. 1990. Sejarah Bali. Penerbit & Toko Buku Ria, Denpasar, 1990

4 komentar untuk "Kerajaan Bedahulu, Kerajaan Terkuat Di Bali Yang Menggentarkan Majapahit"

  1. klo sj mnang vs majapahit..mngkin sampai skarang bali dluar wilayah nkri...

    BalasHapus
  2. Kerajaan di Bali tsb sebelumnya sdh ditaklukkan oleh kerajaan Singasari pada masa Sri Kertanegara dlm misi Pamalayu pd thn 1284. Seiring dng runtuhnya kerajaan tsb di tahun 1292 dinasti Bedahulu berkembang lagi hingga ditaklukkan kembali pd masa Hayamwuruk-Gajahmada pd tahun 1347 dlm ekspedisi yg dipimpin oleh Laksamana Mpu Nala

    BalasHapus
  3. Sejarah memang perlu di telusuri agar semua keturunan nya bisa lebih tahu dengan leluhurnys, jika ada yang menjadi bagian dari keturunan raja bedahulu sri masula masuli ( maheswara maheswari ) bisa info ke saya sebagai salah satu dari keturunan beliau , terima kasih.

    BalasHapus
  4. Putra masula jika ingin tahu keturunan raja Bedahulu datang aja ke pura samuan tiga disana ada keturunan raja Bedahulu yg jd pemangku pura disana

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.