Sejarah Desa Sindang Indramayu Jawa Barat

- November 04, 2017
Sindang adalah salah satu nama Desa yang juga sekaligus menjadi nama Kecamatan di Kabupaten Indramayu, dalam sejarah Indramayu Sindang mempunyai tempat khusus, karena Sindang ini baik dahulu maupun sekarang adalah pusat dari pemerintahan Indramayu, maka jika kamu sedang berada di Pendopo (Kantor Bupati) Indramayu, atau taman Cimanuk Indramayu maka anda sedang berada wilayah Sindang.

Mengenai sejarah asal-asul terbentuknya desa yang kelak dinamakan Sindang sejauh pengetahuan penulis tidak ada sumber naskah atau buku sejarah manapun yang membahas mengenai asal-usul terbentuknya Desa Sindang, akan tetapi menurut kisah turun temurun dinyatakan bahwa Sindang ini berdiri bersamaan dengan berdirinya Indramayu.
Baca Juga

Dalam Sejarah Pendirian Indramayu, dinyatakan nama Indramayu diambil dari nama seorang perempuan yang bernama Darma Ayu. Hingga kemudian pada awalnya Indramayu itu disebut DARMA AYU, kemudian karena lamanya waktu masyarakat mengucapkanya dengan sebuatan Dermayu. Dermayu kemudian disebut Indramayu karna disisipi gelar penguasa Indramayu pertama yaitu Prabu Indra Wijaya (Wiralodra) sehingga kata Dermayu kemudian berubah menjadi Indramayu, ada sisispan kata tambahan Indra yang berasal dari nama gelar penguasa Indramayu.

Nama seorang perempuan yang menjadi cikal bakal nama Indramayu ternyata bukan hanya Darma Ayu, melainkan nama legkapnya Endang Darma Ayu. Dan Jika nama Darma Ayu ini kemudian menjadi Dermayu dan Indramayu, maka Endang juga pada kemudiannya menjadi nama sebuah desa diwilayah itu, Desa Endang, mulanya Endang karena pelafalan kemudian berubah menjadi Sindang. Demikian lah kisahnya mengenai asal-usul dari munculnya nama Sindang.
 

Start typing and press Enter to search