Kesaktian Pangeran Cakrabuana Dalam Berbagai Cerita

Pangeran Cakrabuana atau yang mempunyai nama asli Pangeran Walangsungsang dianggap memiliki kesaktian-kesaktian tertentu, karena memang beberapa babad maupun dongeng yang dituturkan secara turun temurun mengisahkan beberapa kesaktian Pangeran Cakrabuana. 

Diantara beberapa kesaktian Pangeran Cakrabuana adalah  mampu menghilangkan wabah penyakit mematikan ketika ia sedang berada di Samudra Pasai. Dalam cerita ini Pangeran Walangsungsang dikisahkan bertapa dibawah pohon pandan sebelum akhirnya mendapatkan bisikan mengenai cara dan obat yang tepat untuk menanggulangi wabah penyakit. Dari peristiwa inilah Pangeran Cakrabuana kemudian dijuluki Pangeran Sela Pandan. Karena berliau bersila/bertapa/berdoa dibawah pohon pandan sebelum mengobati orang-orang yang terkena penyakit mematikan. 

Kelak selepas mampu mengobati wabah penyakit di Pasai, Pangeran Cakrabuana dititip seorang anak perempuan yang kelak dikenal dengan nama Nyimas Gandasari.

Baca Juga : Nyimas Gandasari dalam Carios Walangsungsang

Kesaktian yang lainnya adalah, bahwa dikisahkan Pangeran Cakrabuana ketika berdakwah di Cirebon mampu menyembuhkan orang-orang yang terkena racun hanya dengan memberikan air putih yang sebelumnya disimpan dalam batok kelapa kembar (Kelapa Janggi). Meskipun pengobatan dilakukan secara sederhana banyak orang Cirebon kala itu sembuh dari efek keracunan. 

Baca Juga : Batok Kelapa Janggi, Pusaka Peninggalan Pangeran Cakrabuan

Selain mempunyai kesaktian dalam bidang pengobatan, Pangeran Cakrabuana juga dikisahkan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam ilmu kedigjayaan, selain ahli dalam berperang dan memimpin angkatan perang sehingga yang bersangkutan nantinya digelari Sri Mangana. Pangeran Cakrabuana juga memiliki beberapa senjata kramat.

Diantara beberapa senjata Kramat Pangeran Cakrabuana adalah Golok Cabang, Ali-ali (cincin) Ampal dan sebilah Kujang, ketiga senjata tersebut konon dapat menaklukan musuh dan dapat membuat linglung (hilang kesadaran) musuh-musuh yang hendak berniat jahat pada Pangeran Cakrabuana khususnya dan pada Kesultanan Cirebon pada umumnya. 

Sekilas Mengenai Silsilah Pangeran Cakrabuana

Pangeran Cakrabuana adalah anak dari pasangan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi), Raja dari Kerajaan Pajajaran dan Subang Larang, ayahnya merupakan putra dari Prabu Dewa Niskala, Raja dari Kerajaan Galuh, sementara Ibunya Subang Larang, merupakan putri dari Ki Gedeng Jumajan Jati atau Ki Gedeng Tapa, Mangkubumi/Raja dari Negeri Singapura, negara bawahan kerajaan Galuh-Pajajaran.

Baca Juga: Kerajaan Singapura Cirebon

Keluarga Pangeran Cakrabuana

Selama hidupnya, Pangeran Cakrabuana dikisahkan memiliki tiga orang Istri, yaitu Edang Geulis, Kencana Larang dan Nyimas Rasa Jati, dari ketiga anaknya tersebut kelak Pangeran Cakrabuana memperoleh beberapa orang keturunan.

Baca Juga : Daftar Keturunan Pangeran Cakrabuana dari Istri-Istrinya

Belum ada Komentar untuk "Kesaktian Pangeran Cakrabuana Dalam Berbagai Cerita"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel